Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Makanan di Kantin Paramadina Berbasis Java Netbeans

Ardi Rifai, Dudi Parulian, Wanti Rahayu

Abstract


Perancangan Sistem penjualan makanan dikantin paramadina merupakan sebuah sistem untuk mengelola data pemesanan, data pembayaran dan konfirmasi pembayaran yang bertujuan untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan yang optimal terhadap pelanggan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan, yaitu observasi, perumusan dan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis sistem, desain sistem dan implementasi, dan pengujian sistem. sistem informasi penjualan makanan dikantin paramadina berbasis java netbeans yang dirancang dan dibangun dalam penelitian ini memiliki konsep desktop yang mampu melakukan penjualan, pembelian, pemasaran barang / produk, dan proses transaksi. Dengan menggunaan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti analisa kebutuhan sistem, studi kepustakaan, pengumpulan data dan perancangan, pengkodean sistem, serta pengujian sistem. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah sistem penjualan yang dibuat menggunakan alat bantu perancangan sistem yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans IDE, dan database MySql menggunakan Xampp serta dengan melakukan pengujian dengan menggunakan metode black box. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mewujudkan sistem yang efisien dan efektif bagi kantin paramadina


Keywords


Sistem; Penjualan; Java; Netbeans; MYSQL; Black Box

Full Text:

PDF

References


Atikah. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT ANdalan Darma Mulia. Skripsi. Tangerang: Universitas Raharja.

A.S Rosa dan Salahuddin M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

Kurniawati, Widya Puji. (2012). Aplikasi Penjualan Pada Toko Barokah Sragen Berbais Java. Skripsi. Surakarta: STMIK Amikom.

Moekijat.(2011). Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandar Maju.Bandung

Murad. (2013). Membuat Diagram Dan Gambar Teknik Dengan Menggunakan Microsoft Visio 2003. Yogyakarta: Andi.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Adi. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

Sabbaha, Fajar. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Buku Bekas. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.2222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: