Sistem Informasi Penilaian Karyawan PT Gramedia Asri Media Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Riza Anggit Rakasiwi, Tuti Handayani, Iim Marfu'ah

Abstract


Dalam rangka mencapai pelayanan prima, organisasi dihadapkan pada penentuan strategi dalam pengelolaan usahanya. Penentuan strategi akan dijadikan sebagai landasan dan kerangka kerja untuk mewujudkan sasaran-sasaran kerja yang telah ditentukan oleh manajemen. Pelaksanaan penilaian kinerja ini diperlukan untuk memperoleh dan mengevaluasi kondisi dan bukti (audit) yang kompeten, relevan oleh seorang auditor untuk memberikan opininya apakah semua karyawan Gramedia Central Park Mall telah melaksanakan peraturan, kebijakan, dan standar operasional yang sudah ditentukan oleh perusahaan dalam penggunaan sumber daya manusia secara efektif, efisien, dan maksimal. PT. Gramedia Asri Media cabang Central Park Mall masih kesulitan dalam membuat laporan penilaian kinerja penjualan karyawan dan belum dapat meningkatkan produktivitas penjualan karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alur sistem penilaian kinerja penjualan karyawan.Berdasarkan pada permasalahan di atas, maka penulis melakukan penelitian Sistem Informasi Penilaian Karyawan PT. Gramedia Asri Media Berdasarkan Pencapaian Target dan Penjualan Aktif per Individu Menggunakan Bahasa Pemrograman Java.” Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode perancangan sistemnya yang menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Setiap karyawan mendapatkan informasi yang jelas terhadap target wilayah, target active selling, produk active selling, dan insentif pada masing-masing produk active selling, dan hasil penilaian kinerja karyawan lebih efektif dan efisien.


Keywords


Perancangan Sistem Informasi; Penilaian Kerja Penjualan; Java; Unified Modelling Language

Full Text:

PDF

References


A.S, R. & M. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Haryanto, B. (2011). Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman Java. Andi Publisher.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 6 No. 1 Februari 2011.

Malayu, H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT. Remaja Rosdakaya.

Mcleod, R. (2010). Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat.

Mulyani, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Abdi Sistematika.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental Dengan Netbeans 8.0.2. DeePublish.

Rohim, M. (Seminar N. A. T. I. 2012). (2012). Analisa Penentuan Key Performance Indicator Dengan Metode Balance Scored. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/industri/article/view/4348.

Winata, E. & J. S. (2013). Analisa dan Perancangan Prototipe Aplikasi Tracking Bis Universitas Multimedia Nusantara Pada Platform Android. ULTIAM InfoSys, Vol. IV No. 1 Juni 2013. http://ejournals.umn.ac.id/index.php/SI/article/download/240/212




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: