Sistem Administrasi Praktek Kerja Lapangan pada SMK Plus Fatahillah Berbasis Java

Suci Rahmawati, Imam Sunoto, Ahmad Haris Muchsin Aziz

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk menghasilkan Sistem Adminstrasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada SMK Plus Fatahillah Berbasis Java. Permasalahan yang dihadapi adalah Belum adanya sistem pengolahan data administrasi PKL secara sistematis, melainkan masih berjalan secara manual. Metode penelitian yang dilakukan ini adalah dengan grounded research, yaitu metode penelitian yang berdasarkan ada fakta dan menggunakan analisis perbandingan yang bertujuan untuk mengadakan generalisasi emprisis, menetapkan konsep, membuktikan teori, dan mengembangkan teori dimana pengumpulan data dan analisis data berjalan pada waktu yang bersamaan. Selain itu, peneliti juga melakukan penelitian dengan metode pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh yaitu dirancang sebuah Sistem Adminstrasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada SMK Plus Fatahillah, sehingga semua proses pengolahan data administrasi PKL lebih mudah dilakukan. Pembuatan laporan-laporan yang dilakukan oleh admin dapat dengan mudah dilakukan, karena data yang diinput disimpan dalam basis data, yang mana dapat diolah dan dipanggil setiap waktu.


Keywords


Sistem Administrasi; Praktek Kerja Lapangan; Java

Full Text:

PDF

References


A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Bua, Yusri Ridolf. (2015). Pengelolaan Praktek Kerja Lapangan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data All in 1. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Lubis, Adyanata. (2016). Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Nugroho, Achmadi Prasita dkk. (2016). Enterprise Sistem Administrasi Untuk Lembaga Kursus Dan Pelatihan Studi Kasus Di LKP Inka Group Pasuruan. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol 1 No. 2: 81-110.

Pratama, I Putu Agus Eka. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: