Perancangan Aplikasi Olahraga Sehat Kardio Berbasis Android

Desta Anggraini, Forkas Tiroy Santos Butar-butar, Ai Solihah

Abstract


Bertambahnya kebutuhan masyarakat akan kemudahan fitur aplikasi membuat para pengembang berlomba untuk menciptakan teknologi yang bermanfaat untuk setiap produk yang dibuat. Manfaat pada teknologi perangkat seluler adalah pegembangan diri dibidang olahraga. Faktor pandemik yang tengah mewabah dikalangan masyarakat beberapa waktu ini dan banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh seseorang, membuat waktu yang dimiliki terbatas. Maka dari itu peneliti ingin membuat aplikasi tentang  Bagaimana merancang dan membangun aplikasi olahaga sehingga dapat membantu pengguna menerapkan pola hidup sehat dan dapat berolahraga secara mandiri dirumah. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi olahraga kardio yang dapat digunakan pengguna untuk mendukung pola hidup sehat dan dapat membantu olahraga secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode System Development Life Cycle (SDLC). Metode ini membutuhkan sumber dari data awal tersebut, dari pengguna yang dijadikan acuan yang nantinya dimasukkan kedalam permecahaan, analisa, perancangan, dan implementasi. Penggunaan acuan ini dimaksudkan agar sistem yang dibangun bisa menjembatani kebutuhan pengguna dari permaslahan yang dihadapi. Sehingga dapat mengahsilkan aplikasi olahraga sehat kardio yang dapat digunakan pengguna.


Keywords


Aplikasi; Olahraga; Kardio; Android

Full Text:

PDF

References


Enterprise, Jubilee. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mulyana, B. (2012). Jurnal Kepelatihan Olahraga. FPOK UPI.

Pane, Syafrizal Fachri. dkk. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara

PPIKOR. (2012). Ilmu Kesehatan Olahraga. Universitas Lampung.

Putro, A.A. Suherman, A. Sultoni, K. (2018). Aplikasi Program Kebugaran Daya Tahan Kardiovakular Berbasis Android. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, Vol 3 No 1, 1–11.

Rizky, Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : PT. Prestasi Pustakarya

Rosa, A.S & Sahalahudin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. INFORMATIKA.

Shalahuddin & Sukamto. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Wibowo, S. (2016). Perancangan Aplikasi Latihan Fitness Untuk Pemula Berbasis Multimedia. Fakultas Teknik Universitas PGRI Yogyakrta, 1–18.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.1975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: