Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SDS Muhammadiyah 06 Tebet Timur

Mardiana Mardiana, Nunu Kustian, Ek Ajeng Rahmi Pinahayu

Abstract


Komputer merupakan salah satu alat atau media yang digunakan untuk mengolah data administrasi yang ada. Salah satunya yaitu data administrasi pembayaran sekolah, sehingga semua pihak yang memerlukan akan lebih mudah mengakses data administrasi pembayaran sekolah dengan cepat dan akurat. Salah satu sistem informasi yang sangat dibutuhkan oleh suatu instansi pendidikan yaitu mengenai pembayaran sekolah. Rumusan masalah ini antara lain bagaimana membuat sistem administrasi pembayaran tidak membutuhkan yang lama dan mempermudah pegawai dalam melakukan pembuatan laporan data pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi administrasi pembayaran SDS Muhammadiyah 06 Tebet Timur yang bisa mengolah data pembayaran, memberikan bukti pembayaran, serta memiliki fitur pencarian data siswa dan data pembayaran siswa. Metode penelitian yang digunakan dengan melakukan observasi pada sekolah SDS Muhammadiyah 06 Tebet Timur untuk mengamati dan mempelajari secara langsung mengenai proses pengolahan data administrasi pembayaran sekolah, dan juga melakukan wawancara dengan pegawai Tata Usaha dengan hasil mendapatkan data mengenai administrasi pembayaran yang sedang berjalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi administrasi pembayaran selama ini masih menggunakan proses pembayaran secara konvensional kini menjadi secara komputerisasi karena data-data tersebut tersimpan di dalam database.


Keywords


Administrasi; Pembayaran; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


Anastasia, D., & Lilis, S. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi Offset.

Dewi, I. C. (2011). Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Handayani, E. R. (2015). Sistem Informasi Pengolahan Data Pembayaran Siswa Terkomputerisasi pada Bimbingan Belajar dan Konseling Galileo Institute. Jurnal Perancangan, 12(2), Hal: 49.

Hanif, M. (2016). SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN PADA SDIT AL AKHYAR KUDUS.Skripsi. Kudus: UMK.

Hasibuan, M. S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT BumiAksara.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Komariah, A., & Triatna, C. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akutansi. Jakarta: Salemba Empat.

Prabowo, D. A. (2015). RANCANG BANGUN SISTEM ADMINISTRASI PEMBAYARAN SEKOLAH MULTI USER BERBASIS WEB DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG. Skripsi. Semarang: UNNES.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akutansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 3.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: