Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Vitamin pada Buah dan Sayur Berbasis Android

Azqia Zahra Attohiroh, Akhmad Aris Tantowi, Agus Wilson

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana membuat aplikasi berbasis android dengan desain antarmuka dan materi yang mudah dimengerti oleh masyarakat mengenai pengetahuan tentang vitamin pada buah dan sayur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengenal tentang vitamin pada buah-buahan dan sayur-sayuran agar masyarakat mengetahui manfaatnya untuk tubuh. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian yaitu saat ini banyak masyarakat yang belum mengetahui betapa pentingnya vitamin bagi tubuh padahal banyak yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan vitamin yang kita butuhkan untuk tubuh seperti mengkonsumsi buah dan sayur, biasanya pengetahuan ini dapat diakses melalui buku ataupun majalah. Hasil penelitian ini yaitu memberikan kemudahan akses informasi pada masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi maka masyarakat dapat mengakses informasi dengan mudah di smartphone karena aplikasi ini menampilkan informasi tentang vitamin pada buah dan sayur serta dilengkapi kuis yang berisi pertanyaan seputar buah dan sayur yang dapat meningkatkan pengetahuan.


Keywords


Application; Android,; Vitamin; Fruits and Vegetables

Full Text:

PDF

References


Atmodjo, G., & Krisjanti, M. (2016). Preferensi Konsumen Terhadap Merek Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi. 1–15.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S019 2415X20500500

Dwiningrum, S. (2012). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. UNY Press.

Firmansyah, F. (2017). Menkes Ajak Masyarakat Makan Sayur dan Buah Setiap Hari. Kesmas.Kemkes.Go.Id/. https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/020114-Germas

Furqan, S. A. (2015). Aplikasi Nama Ilmiah Hewan dan Tumbuhan Berbasis Android. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Jocom, N. (2013). Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi). Journal “Acta Diurna.”

Nazruddin Safaat. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. In Android.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Penelitian.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Sugiyono.

Sutabri Tata. (2012). Analisa Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.1737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: