Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Jawa di Indonesia Berbasis Android

Diki Wahyu Mardian, Didik Wiguna, Bayu Jaya Tama

Abstract


Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Seni merupakan sebuah keahlian dalam membuat suatu karya yang bernilai meliputi berbagai keindahan, fungsi, bentuk dan maknanya. Seiring dengan perkembangan kebudayaan manusia, kesenian sebagai produk budaya juga terus berkembang sesuai dengan masanya, seni mempunyai nilai tersendiri yang membuat karya ini bernilai mahal harganya. Pada era saat ini sangat jarang orang yang mengenal dan mampu memainkan alat musik tradisional tersebut. Sudah banyak media yang memuat informasi tentang alat musik tradisional tersebut. Mengenai rumusan masalah yaitu untuk merancang aplikasi yang sudah terkomputerisasi, unik dan terkonsep beda dari media lainnya, mengembangkan penerapan alat musik tradisional Jawa di Indonesia dan menambah daya tarik minat masyarakat. Hasil dari aplikasi nama-nama alat musik tradisional ini adalah untuk memberikan wawasan yang luas terhadap musik tradisional Jawa ini pada masyarakat, dan aplikasi yang telah berbasis Android. Metode yang digunakan peneliti dalam melakukan pengembangan aplikasi adalah metode Grounded Research. Dimana dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu aplikasi edukasi pengenalan alat musik tradisional jawa di Indonesia yaitu Flowchart.

 


Keywords


Android; Culture; Flowchart

Full Text:

PDF

References


Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. UPPSTIM YKPN.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.

Nazruddin Safaat H. (2012). Perangkat Lunak Aplikasi. STIKOM Dinamika Bangsa.

Nur Afiat Umar, Ahmad S, H. N. (2015). Aplikasi Pembelajaran Dan Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Multimedia. Jurnal Pembelajaran, 3(1)(2442–5826). https://www.google.co.id/openlibrary

Pramana, H. W. (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. PT. Elek Media Komputindo.

Qosasih, S. M. (2015). Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf Arab Di Tk Nurul Farhah Menggunakan Java. Universitas Indraprasta PGRI.

Safaat N. (2014). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dari Tablet PC Berbasis Android. Informatika.

Subagyo, W. P. dan F. (2010). Terampil Bermusik. Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional.

Subhan, M. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Lentera Ilmu Cendikia.

Tiara Windy, L. (2015). Aplikasi Budaya Nusantara Berbasis Android Menggunakan Frame Work Phonegap. Universitas Gunadarma.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: