Perancangan Aplikasi Monitoring Inventory pada CV Majorbee Teknologi Indonesia Berbasis Java Netbeans

Cilvia Nur'Aini, Ambar Tri Hapsari, Hendro Purwoko

Abstract


Dukungan teknologi menjadi alat bantu yang paling digunakan dalam aktivitas manusia, hal ini tidak lepas dari keterbatasan manusia. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang beralih dari sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi. CV Majorbee Teknologi Indonesia memiliki proses barang masuk dan permintaan masih menggunakan sistem manual berupa arsip, selain itu pengecekan stok barang digudang juga masih harus mengecek satu persatu disesuaikan dengan arsip sehingga membutuhkan waktu yang lama dan ketelitian yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah Membuat apl ikasi monitoring inventory pada CV Majorbee Teknologi Indonesia agar monitoring inventory lebih efektif dan efisien, mempermudah dalam mengelola barang masuk, data permintaan dan stok barang agar lebih cepat, tepat, dan akurat. Peneliti melakukan penelitian dengan metode grounded research berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan bertujuan untuk mengadakan general empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori di mana pengumpulan data dan analisa data berjalan pada waktu yang bersamaan.


Keywords


perancangan; monitoring inventory; grounded research

Full Text:

PDF

References


Farhan, M. (2020). Perancangan Sistem Inventory dan Penjualan pakaian di konveksi Aulia Collection. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika.

Hendro Purwoko, S. M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Gudang Obat dan Alat Kesehatan berbasis Dekstop dengan Menggunakan Microsoft Access pada RSU Islam Madinah Kasembon Malang. The 6th University Research Colloquium, 87-90.

Jogiyanto. (2010). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Pratiwi. (2020 ). Perancangan Aplikasi Inventory Barang pada Kartika Graha Indonesia Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika.

Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan praktisi ( 7.ed). Yogyakarta: andi Publisher.

Prof.Dr.Sri Mulyani, A. C. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Rahman, A. (2018, Agustus ). Sistem Monitoring Piutang dan Inventori Barang. Technologia Jurnal Ilmiah, 04 No. 02, 142-149.

Sihombing, R. (2020). Perancangan Aplikasi Ivnetory Pada Pondok Pesantren SMP Asshaburatub Almadhani Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasisw Informatika.

Subhan, M. (2012 ). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: