Perancangan Sistem Aplikasi Permohonan Cuti Karyawan PT Bareksa Portal Investasi

Selviana Sofyan, Dian Hermanto, Muslihatul Hidayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem pengolahan permohonan cuti karyawan serta laporan yang ada di PT Bareksa Portal Investasi saat ini belum terkomputerisasi. Penelitian ini juga bermaksud untuk membuat dan membantu dalam proses penyelesaian masalah tersebut, sehingga karyawan dapat dengan mudah mengetahui sisa cuti yang ia miliki dan memudahkan kepala divisi dalam melakukan proses persetujuan cuti. Metode penelitian yang digunakan untuk perancangan sistem aplikasi permohonan cuti karyawan adalah grounded research dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan studi lapangan dengan pengamatan langsung (observasi) dan wawancara. Selain itu juga, peneliti melakukan pengumpulan data dengan studi kepustakaan berdasarkan referensi dan berbagai media yang memuat informasi yang diperlukan untuk menganalisa kebutuhan, perancangan, pengujian dan pemilihan sistem. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman java dan bantuan database MYSQL. Hasil penelitian ini adalah Sistem informasi PT Bareksa Portal Investasi telah terkomputerisasi dengan sistem aplikasi berbasis java, karyawan lebih mudah mengetahui sisa cuti yang ia miliki, waktu persetujuan yang diberikan kepala divisi menjadi lebih cepat.

Keywords


sistem; aplikasi; permohonan cuti karyawan

Full Text:

PDF

References


Basuki, A. T. (2011). Perancangan aplikasi sistem informasi cuti karyawan berbasis web pada PT Integrasi Tri Tama Cendekia (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi.

Hakim, R. S. (2010). Buku Pintar Windows 7. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Haryani, N. (2017). Sistem Informasi Pengambilan Cuti Pegawai Berbasis Desktop Pada Pt. Bs Logistics Batam (Skripsi). sekolah tinggi Manajamen informatika dan komputer GICI Batam.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Deepublish.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indosesia.

Semiawan, P. D. C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Sukamto, & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek) 2015. In Informatika Bandung.

Yakub. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.1690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: