Analisis Sentimen Aplikasi LinkAja di Google Play Store Menggunakan Algoritma Nae Bayes dan Random Forest

Kaeren Kaeren, Andrianingsih Andrianingsih

Abstract


Dompet digital telah menjadi bagian penting dalam transaksi keuangan modern, dengan LinkAja sebagai salah satu penyedia layanan di Indonesia. Meskipun termasuk lima besar dompet digital populer, LinkAja memiliki jumlah ulasan tinggi di Google Play Store, tetapi proporsi pengguna dan rata-rata ratingnya lebih rendah dibandingkan dengan pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pengguna terhadap aplikasi LinkAja dengan mengklasifikasikan opini mereka ke dalam kategori positif dan negatif menggunakan algoritma Nae Bayes dan Random Forest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas ulasan pengguna bersentimen negatif, dengan permasalahan utama meliputi kesulitan login, kendala transaksi, proses upgrade lambat, serta layanan pelanggan yang kurang responsif. Hal ini menyebabkan rating aplikasi LinkAja didominasi oleh skala terendah, yaitu 1. Banyaknya pengalaman kurang menyenangkan mendorong pengguna untuk aktif memberikan ulasan, yang sebagian besar berisi keluhan terhadap layanan aplikasi. Dalam proses klasifikasi, Random Forest menunjukkan performa lebih unggul dengan akurasi sebesar 82%, presisi 84%, recall 81%, dan f1-score 82%. Sedangkan Nae Bayes memiliki nilai akurasi sebesar 79%, presisi 83%, recall 78%, dan f1-score 79%. Random Forest juga lebih efektif dalam mengidentifikasi sentimen negatif dibandingkan Nae Bayes. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa fitur aplikasi dan kemudahan penggunaan menjadi faktor utama dalam ulasan positif, meskipun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan ulasan negatif.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Aryanti, R., Misriati, T., & Sagiyanto, A. (2023). Analisis Sentimen Aplikasi Primaku Menggunakan Algoritma Random Forest dan SMOTE untuk Mengatasi Ketidakseimbangan Data. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 5(1), 218227. https://doi.org/10.47065/josyc.v5i1.4562

Dhanesworo, S. (2022). Dompet Digital Makin Diminati. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/infografik/639fe20e7f7e1/dompet-digital-makin-diminati

Indrayanto, C. G., Ratnawati, D. E., & Rahayudi, B. (2023). Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi MyPertamina di Indonesia pada Google Play Store menggunakan Metode Random Forest. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 11311139. http://j-ptiik.ub.ac.id

Nurzaman, N., Suarna, N., & Prihartono, W. (2024). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Threads Di Google Playstore Menggunakan Algoritma Nave Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 967974. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8708

Permana, R. I. (2021). Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 312322. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.584

Putu, N., Krismajayanti, A., Nurmalasari, M. R., Prawitasari, P. P., Dewiningrat, A. I., Ayu, I., Megawati, P., Kusnita, K. L., Diah, P., & Sanjiwani, A. (2024). Tren Revolusioner: Bagaimana E-Wallet Mengubah Konsumen di Era Modern? Journal of Islamic Business Management Studies, 5(1), 4151.

Raffi, M., Suharso, A., & Maulana, I. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Binar Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Nave Bayes. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 450462. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.6117

Singgalen, Y. A. (2023). Analisis Sentimen Wisatawan terhadap Kualitas Layanan Hotel dan Resort di Lombok Menggunakan SERVQUAL dan CRISP-DM. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(4), 18701882. https://doi.org/10.47065/bits.v4i4.3199

Sitepu, M., Yohanna, M., & Manurung, S. V. B. H. (2024). METODE NAVE BAYES CLASSIFIER. 8(1), 4450.

Turjaman, R. M., & Budi, I. (2022). Analisis Sentimen Berbasis Aspek Marketing Mix Terhadap Ulasan Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus: Aplikasi Linkaja Pada Twitter). Jurnal Darma Agung, 30(2), 266. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1672

Wandani, A. (2021). Sentimen Analisis Pengguna Twitter pada Event Flash Sale Menggunakan Algoritma K-NN, Random Forest, dan Naive Bayes. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(2), 651665.

Wiratama Putra, T., Triayudi, A., & Andrianingsih, A. (2022). Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Naïve Bayes, KNN, dan Decision Tree. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(1), 2026. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i1.368

Yanti, L. R., & Isnaeni, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Dompet Digital (E-Wallet) sebagai Alat Transaksi di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Islamic Economic and Finance, 3(3), 157167.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v6i02.13821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: