Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Kacamata pada Optik Aini

Ikbal Fauzi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menerapkan suatu sistem aplikasi penjualan kacamata yang dapat membantu dan mempermudah karyawan maupun pemilik Optik Aini dalam melakukan proses penjualan maupun pelayanan kepada pelanggan. Desain penelitian yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang merupakan proses logika yang digunakan oleh seorang sistem analis untuk mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak yang melewati beberapa langkah. Terdapat sepuluh tahapan yang digunakan yaitu inisiasi, pengembangan konsep sistem, perencanaan, analisis kebutuhan, desain, pengembangan, integrasi, implementasi, pemeliharaan dan disposisi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototype yaitu teknik metode pengembangan sistem perangkat lunak dimana pengembang dan pelanggan bertemu untuk menentukan tujuan keseluruhan untuk perangkat lunak dan memperjelas spesifikasi kebutuhan yang diinginkan pelanggan kepada pengembang perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini adalah adanya suatu perangkat aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java NetBeans dan penyimpanan data menggunakan database dari MySQL, sehingga dapat membantu dan mempermudah karyawan maupun pemilik Optik AINI dalam melakukan proses penjualan maupun pelayanan kepada pelanggan.


Keywords


Sistem; Optik; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D. (2017). Merancang Aplikasi Perpustakaan menggunakan SDLC: System Development Life Cycle. SEFA BUMI PERSADA.

Angriana, C., & Aryasanti, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Optik Salsa dengan Metodologi Berorientasi Obyek. Budi Luhur Information Technology, 14(2).

Fathansyah. (2018). Basis Data (3rd ed.). Informatika.

Marjito, M., & Tesaria, G. (2016). Aplikasi penjualan online berbasis android (studi kasus: di toko hoax merch). Jurnal Computech & Bisnis, 10(1), 40–49.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.

Muslihudin, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Penerbit Andi.

Novida, E., & Sunandar, H. (2018). Sistem pendukung keputusan pemilihan produk lensa kacamata menggunakan metode promethee ii. Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika, 6(3), 325–332.

Trisyanto. (2017). Analisis & Perancangan Sistem Basis Data. CV. Garuda Mas Sejahtera.

Utami, F. H. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Deepublish.

Yusriani, E. (2019). Seri Penemuan Kacamata (Yulianawati (ed.)). ALPRIN.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: