Perancangan Sistem Aplikasi Penyewaan Bus Pariwisata Berbasis Java pada PT Djess Berkah Wisata

Heni Ardiana, Salman Alfarisi, Ambar Tri Hapsari

Abstract


Permasalahan  dari  sistem  pendataan  penyewaan  bus  pariwisata  PT  Djess Berkah Wisata yaitu  lambatnya  pencarian pendataan  pelanggan, penginputan yang masih manual  dalam proses penyewaan serta pembuatan  laporan yang belum terkomputerisasi . Karena sistem yang diterapkan masih bersifat manual dan belum terkomputerisasi, sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan sistem informasi penyewaan bus pariwisata di PT Djess Berkah Wisata yang ada saat, ini untuk mengatasi kekurangan yang ada. Sehubungan  dengan  kemajuan  teknologi yang  semakin  maju  dan  modern  khususnya pada bidang teknologi dan ilmu  informatika, membuat  beberapa  perusahaan  berusaha  mengembangkan  sayapnya agar tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Mengingat kebutuhan akan peningkatan efisiensi dan efektifitas dari setiap kegiatan dalam instansi dilakukan secara cepat dan akurat tanpa adanya dukungan teknologi tersebut. Akurasi data, kecepatan waktu dan relevansi menjadi penentu kualitas informasi yang dihasilkan. Menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall pada penelitian ini dengan tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah menciptakan aplikasi untuk penyewaan bus pariwisata yang efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: Sistem, Penyewaan, Bus Pariwisata


Full Text:

PDF

References


Ardian, D., Larasati, P. D., & Irawan, A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Java Netbeans dan MySQL Pada Perusahaan Dean ’ s Car Rent. Applied Information Systems and Management (AISM), 1(1), 35–44. https://doi.org/P-ISSN: 2621-2536 ;E-ISSN: 2621-2544

Hartono, J. (2010). Analisis & Desain Sistem Informasi,(edisi III). Andi Offset, Yogyakarta.

Ladjamudin, A. B. (2013). Bin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Meilinda. (2018). Sistem Informasi Penyewaan Bus Pariwisata Berbasis Dekstop Pada PT. Raskha Putra Pariwisata. Skripsi. Sarjana, Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.

Oktapiani, R., & Prayudi, D. (2019). Aplikasi Penyewaan Bus Berbasis Web. 5(2), 152–159.

Pane, S. F., Zamzam, M., & Fadillah, M. D. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online (Vol. 1). Kreatif.

Pratama, I., & Eka, P. A. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Informatika (p. 7). Bandung.

Roger, P., & Pressman, P. D. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Shalahuddin, M., & Rosa, A. S. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Subekti, R. (2014). Aneka Perjanjian, Cet. Kesebelas, Citra Aditya Bakti, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: