Perancangan UI/UX Peminjaman Buku dengan Metode Design Thinking pada MTS Assaidah
Abstract
Perkembangan era digital telah mengubah pola hidup kaum milenial menjadi lebih fleksibel dan efisien. Transformasi produk teknologi ke dalam sistem digital, seperti smartphone, internet, dan e-book, memungkinkan akses informasi dan pendidikan yang lebih mudah. Namun, masih ada pandangan negatif terhadap perpustakaan sebagai gudang buku semata. Dalam konteks ini, studi ini berfokus pada perpustakaan MTS Assaidah Kota Bogor. Dari observasi terhadap 21 pengunjung, banyak yang mengalami kesulitan menemukan buku yang diinginkan karena kurangnya sistem informasi yang efisien. Design Thinking dipilih sebagai metode pendekatan penelitian, mengacu pada penelitian sebelumnya tentang desain aplikasi dengan pendekatan serupa. Studi ini bertujuan untuk merancang desain aplikasi peminjaman dan pencarian buku yang interaktif dan efisien, yang dapat memecahkan masalah ketidakefisienan dalam pencarian buku di perpustakaan dan meningkatkan pelayanan bagi pengunjung. Dengan metode ini didapatkanlah hasil uji pada desain rancangan yang dinilai cukup baik dengan nilai rata – rata Good pada pengujian UEQ.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astria, N. (2019). Essay Kajian Kronologis Dan Dampak Penggunaan Dan Perkembangan Teknologi Informasi.
Budiono, E. (2022). Perkembangan Teknologi Digital Berdampak Positif dan Negatif. InfoPublik | Portal Berita Info Publik. https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/650438/perkembangan-teknologi-digital-berdampak-positif-dan-negatif#:~:text=Dampak%20positif%20terknologi%20digital%20antara,fitnah%2C%20dan%20sikap%20anti%20sosial.
Bringhurst, R. (2004) The Elements of Typographic Style. HARTLEY & MARKS, PUBLISHERS.
Elseman, L. (2017) Color Harmony Pantone Edition. Rockport Publishers, an imprint of The Quarto Group.
Fariyanto, Feri., Suaidah, Ulum, F. (2021) Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode UX Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), Vol. 2, No. 2, 52 – 60.
Fessenden, T. (2021) Design Systems 101. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/design-systems-101/.
Garret, J. J. (2011) The Elements Of User Experience.
Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara Di Era Digital Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI | Edisi 41 | Maret 2020.
Lewrick, M., Link, P., Leifer, L. (2018) The Design Thinking Playbook. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Mubasyaroh. (2016) Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Libraria, Vol. 4, No. 1, Juni 2016.
Novianto, I. (2019) Perilaku Penggunaan Internet Di Kalangan Mahasiswa.
Perdana, A.K. (2019). Generasi Milenial dan Strategi Pengelolaan SDM Era Digital. Jurnal Studi Pemuda Volume 8 Nomor 1 tahun 2019.
Putra, D. N., Asfi, M., Fahrudin, R. (2021) Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis WEB Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume 8, No 1, 15 Desember 2021.
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin Vol. 2 Edisi Januari-Juni 2019.
SafetyCulture. (2023) Prioritization Matrix: A Guide. https://safetyculture.com/topics/%20prioritization-matrix/.
Schrepp, M., Thomaschewski, J. (2023) Handbook For The Modular Extension Of The User Experience Questionnaire.
Wheeler, A. (2018) Designing Brand Identity. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v6i02.10787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by:







