Implementasi Konsep SPA pada Aplikasi Penggajian Guru Berbasis Web dengan Metode Gross

Aziz Nur Abdul Qodir, Aulia Paramita, Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari

Abstract


Dalam perhitungan penggajian guru terdapat tiga metode yang berbeda yaitu metode netto, gross dan gross up. Netto merupakan metode dimana pajak seorang karyawan ditanggung oleh perusahaan, metode gross adalah metode perhitungan dimana pajaknya akan ditanggung sendiri oleh karyawannya, dan metode gross up metode ini sama dengan metode gross tetapi besarnya pajak akan dibayarkan oleh perusahaan sebagai bentuk tunjangan untuk karyawannya. Proses penggajian guru di SMK Pelita Depok masih menggunakan cara manual dan belum terintegrasi dengan sistem, sehingga sering terjadi proses perhitungan yang sangat memakan waktu, kesalahan perhitungan, dan penyimpanan yang masih menggunakan kertas, sehingga muncul beberapa masalah seperti keterlambatan pemberian gaji, hilang atau rusaknya data yang disimpan dalam bentuk kertas. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi penggajian guru yang terintegrasi dan menggunakan sistem basis data, sehingga tidak lagi terjadi proses perhitungan gaji guru yang memakan waktu lama, kesalahan dalam perhitungan, dan penyimpanan yang masih menggunakan media kertas. Desain penelitian ini menggunakan metode gross dengan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan studi pustaka. Kemudian dari penelitian yang sudah dilakukan, menghasilkan sebuah aplikasi pengggajian guru berbasis web yang akan mempermudah pekerjaan keuangan sekolah dalam menghitung dan menyimpan data yang berakitan dengan penggajian guru.


Keywords


Sistem Informasi; Penggajian; Single Page Application; Metode Gross

Full Text:

PDF

References


Adithya, M.K (2016). Aplikasi Buku Digital Bidang Teknologi Informasi Berbasis Android Mobile Pada Perpustakaan Bppki Surabaya Badan Litbang Kementerian Kominfo, 5 (2) hlm. 60.

Andi, N.R (2018). Sistem Informasi Wisata Di Ampera Waterpark, Jurnal Siliwangi, 4 (2) hlm. 88-89.

Andri, M (2019). Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan Metode Gross-Up Dalam Perhitungan Pph Pasal 21 Pegawai Tetap Melalui Analisa Perbandingan.1 (1) hlm. 21-30.

Bayu, K (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman Php Dan Mysql, 1 (2) hlm. 198-199.

Fifin, S (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer, 8 (1) hlm. 23

Indonesia. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-16/PJ/2016, Lembaran Negara RI Tahun 2015. Jakarta

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara RI Tahun 2012. Jakarta.

Sandfreni (2021). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pusat Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul, 25 (2) hlm. 347-348.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005. Jakarta.

Wahidah (2020). Analisa Metode Perhitungan PPh 21 Gaji Pegawai Tetap Terhadap Laba Pada PT.ABC.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.10502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: