Perencanaan Dan Penjadwalan Produksi Mainan Dengan Pendekatan Theory Of Constraint Pada PT. XYZ

Nur Fahrila, Nanda Kiki, S. A. Dwi Masarjo, F. T. Solihin

Abstract


Perkembangan dan Perubahan dunia yang serba cepat menyebabkan persaingan di segala bidang industri menjadi sangat ketat. Ketatnya persaingan dalam dunia industri menimbulkan berbagai ancaman sekaligus peluang bagi setiap perusahaan, agar dapat memanfaatkan peluang yang ada maka setiap perusahaan dituntut untuk memahami keinginan dan kebutuhan pasar. Dalam memecahkan permasalahan tersebut, usaha yang dilakukan adalah melakukan evaluasi dan perbaikan perencanaan kapasitas produksi yang ada dengan pendekatan Theory Of Constraint (TOC) yaitu suatu filosofi perbaikan terus-menerus dengan fokus pada identifikasi atas kendala untuk pencapaian tujuan perusahaan. Bottleneck adalah sumber yang kapasitasnya sama atau lebih kecil dari permintaan yang ada pada saat itu. Sedangkan non bottleneck adalah sumber yang kapasitasnya lebih besar dari permintaan yang ada pada saat itu. PT. XYZ adalah salah satu perusahaan mainan terbesar di Indonesia. Selama ini perusahaan belum mampu memenuhi pesanan tepat pada waktunya. Pada sales order bulan Januari 2022, terdapat 9 pesanan dari 21 pesanan yang tidak sesuai jadwal yang disepakati (due date). Hal ini disebabkan oleh banyaknya Work In Process (WIP) atau barang setengah jadi menumpuk dengan kapasitas stasiun kerja yang terbatas. Pada pengamatan tanggal 7 Desember 2021, terjadi bottleneck pada proses produksi komponen kereta di stasiun kerja spray gun dengan kapasitas sebesar 244.80 lembar/jam. Kondisi seperti ini mengakibatkan terjadinya penumpukan WIP di stasiun kerja yang menghambat aliran produksi dan waktu penyelesaian pesanan produksi.

Full Text:

PDF

References


. Herlina, E., Herlina, L., & Kulsum, K. (2014). Penerapan Theory Of Constraint Untuk Meminimasi Loss Time (Studi Kasus PT. Bluescope Steel Indonesia). Jurnal Teknik Industri Untirta, 2(3).

. Inayati, T., & Wahyuningsih, S. D. (2018). Pendekatan Theory of Constraint (TOC) dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (Studi ada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Tjoekir Diwek Kabupaten ombang Propinsi Jawa Timur). Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 1(2), 94-117

. Irfan, T. A., Handoyo, H., & Endang, P. W. (2018). Analisa Perencanaan Proses Produksi Dengan Theory Of Constraints Untuk Memaksimasi Throughput di CV. SS. Surabaya. Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, 13(1), 14-20.

. Kustono, A. S. (2019). Memahami Theory of Constraint dari Sumber Pertama Pembumian Kasus Novel “The Goals”. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 18(2), 117-133.

. Larasati, L., & Biswan, A. T. (2018). Theory Of Constraint Atas Layanan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak. Jurnal Pajak Indonesia (Indonesian Tax Review), 2(2), 20-29.

. Larasati, S. P., & Haksama, S. (2016). Penerapan Theory Of Constraint Pada Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2), 155-162.

. Santi, M. W., & Deharja, A. (2020). Analisis Kendala Penggunaan Sistem Informasi JSC with FAI di Kabupaten Jember berdasarkan Theory Of Constraint (TOC). Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES (Journal of Health Research Forikes Voice), 11(1), 84-90.

. Sodikin, I., & Mashuri, A. (2012). Penjadwalan Produksi pada Sistem Manufaktur Repetitive Make to Order Flow Shop Melalui Pendekatan Theory Of Constraints. Jurnal Teknologi Technoscientia, 173-183.

. Suci, S. N. I., Azmi, N., & Batubara, S. (2013). Peningkatan Kapasitas Produksi Melalui Penerapan Theory Of Constraint, Penjadwalan Mesin Paralel dan Bottleneck Scheduling Pada Perusahaan Sheet Metal Work. Jurnal teknik industri, 3(2).

. Wahyuni, D., Syahputri, K., & Mangunsong, E. (2016). Upaya Penyeimbangan Kapasitas Stasiun Kerja Dengan Pendekatan Theory Of Constraint. Media Teknika, 11(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.