Usulan Perbaikan Metode Kerja Pada Produksi Mur di PT Tiga Sinar Mandiri Dengan Man and Machine Chart

Muhammad Muchlisin, Rezky Putra Ramadhandy, Rizki Fadlurrohman Rosyid, Sigit Mus Sugito

Abstract


Dalam segala aktivitas manusia, baik aktivitas sehari-hari maupun aktivitas produksi tentu memerlukan suatu metode, waktu, dan tempat. Untuk mencapai hasil terbaik akan membutuhkan metode terbaik, tempat terbaik, dan waktu terbaik. Analisis waktu yang diperlukan untuk menentukan lamanya waktu menyelesaikan tugas pekerjaan yang akan ditentukan adalah waktu terbaik. PT Tiga Sinar Mandiri adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang supply dan stock baut & mur/fastener. Permasalahan pada PT Tiga Sinar Mandiri saat ini adalah rendahnya produktivitas kerja, hal ini mengakibatkan beberapa permintaan konsumen tidak terpenuhi. Salah satu faktor penyebabnya adalah waktu proses produksi yang lama, hal ini disebabkan karena dalam proses kegiatan produksi terdapat elemen pekerjaan operator yang berkaitan dengan gerakan-gerakan yang tidak efisien dan berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki tata cara kerja pekerja sehingga dapat meminimalkan waktu kerja pada proses operasi pembuatan mur sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Man and Machine Chart dengan analisis fishbone diagram untuk mengetahui penyebab dari masalah yang dialami perusahaan. Hasil dari penelitian ini yaitu, Man and Machine Chart usulan dapat meminimalkan waktu produksi 1 pcs mur selama 40 menit. Sedangkan total produksi mur dalam 60 menit dengan Man and Machine Chart usulan mengalami peningkatan menjadi 40 pcs. Sehingga total produksi mur per hari yang dihasilkan dengan Man and Machine Chart usulan adalah 280 pcs. Usulan perbaikan juga dilakukan dengan menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) di PT Tiga Sinar Mandiri sehingga dapat meminimalkan waktu produksi mur dan meningkatkan kapasitas produksi.

Full Text:

PDF

References


. R. Yasra, N. T. Putri, and M. Rozaq. 2021. Perbaikan Metode Kerja Pada Proses Set Up Untuk Meningkatkan Produktivitas Machining Gate Valve di PT Cameron System Batam. Profisiensi. vol. 9, no. 1, pp. 60–73, 2021.

. B. E. Sembiring, F. Nuzullisya, and R. Cahyadi. 2020. Perbaikan Waktu Kerja Pada Bagian Produksi Tamiya Dengan Menggunakan Peta Tangan Kiri Dan Tangan Kanan. Bull. Appl. Ind. Eng. Theory. vol. 1, no. 2, pp. 12–15.

. Bungin, Burhan. 2015. Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.

. Abdurrahmat, Fathoni. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

. A. F. Islaha and A. S. Cahyana. 2107. Upaya Peningkatan Produktivitas Dengan Meminimasi Waste Menggunakan From To Chart (FTC). Prozima. vol. 1, no. 2, pp. 107–115.

. M. I. Monoarfa, Y. Hariyanto, and A. Rasyid. 2021. Analisis Penyebab Bottleneck pada Aliran Produksi Briquette Charcoal dengan Menggunakan Diagram Tulang Ikan. Jambura Ind. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 15–21.

. B. I. Putra and R. B. Jakaria. 2020. Buku Ajar Analisa dan Perancangan Sistem Kerja. Sidoarjo: UMSIDA Press.

. A. Suhara. 2021. Upaya Perbaikan Waktu Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja (Studi Kasus di Perusahaan Otomotif) Karawang. Buana Ilmu. vol. 5, no. 2, pp. 1–11.

. Y. Hisprastin and I. Musfiroh. 2021. Ishikawa Diagram dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) sebagai Metode yang sering digunakan dalam Manajemen Risiko Mutu di Industri. Maj. Farmastika, vol. 6, no. 1, pp. 1–9.

. I. Santosa. 2017. Analisis Available Time pada Mesin A di PT . XYZ. Tirta, vol. 5, no. 2, pp. 341–344.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.