Pengamatan Terhadap Pegawai Bengkel untuk menentukan waktu baku menggunakan metode Work Sampling

Ananda Julia, Dicky Alfareza, Dwi Novianti, Faisal Supriyono, Paizal Baharudin

Abstract


Work Sampling merupakan salah satu metode yang sama dengan pengukuran waktu jam henti. Sampling kerja dan waktu jam henti melakukan pengukuran yang sama, yaitu pengukuran secara langsung ditempat berjalannya pekerjaan. Perbedaannya sampling kerja dengan cara jam henti adalah bahwa pada sampling kerja, pengamat tidak terus menerus berada ditempat pekerjaan melainkan hanya pada saat-saat pada waktu yang ditentukan secara acak sedangkan pada jam henti pengamat harus terus berapa di tempat pekerjaan. Pembahasan pada jurnal work sampling, membahas mengenai produktivitas operator pegawai bengkel. Kegiatan yang diamati adalah kegiatan Produktif, Non produktif, dan Non Produktif Tak Terhindarkan. hal ini berguna untuk mengetahui produktivitas dan waktu baku dari operator tersebut. Pengamatan dilakukan pada 1 operator mekanik selama waktu 3 hari jam kerja


Full Text:

PDF

References


. Andriani, Debrina. P., dkk., 2017, Aplikasi Metode Work Sampling Untuk Menghitung Waktu Baku Dan Kapasitas Produksi Pada Industri Keramik. 152-153.

. Erlina, Cut, 2015, Analisa Dan Pengukuran Kerja. Aceh : Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Jurusan Teknik Industri.

. Kresna, Firman., dkk., 2016, Produktivitas Pekerja Bekisting Dan Pembesian Dengan Menggunakan Metode Work Sampling Pada Proyek Gedung. 34-36.

. Zadry, Hilma. R., dkk., 2015, Analisis Dan Perancangan Sistem Kerja. Padang : Andalas University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.