Penerapan Program Dinamis Untuk Menentukan Jalur Yang Optimum Dalam Pengiriman Benih Ikan Ceps Aquarium

Mohammad Nouval Zein, Prabu Wibowo, Ibnu Hidayatullah, Moh Fiki Pahdian, Adhitia Ramadhan, Nazhira Shaffa Alwani Gufron, Edward Erikson Siringo Ringo

Abstract


Sebuah kota besar dengan banyaknya jalan seringkali menyulitkan seseorang untuk menentukan rute optimum, baik dari segi jarak atau biaya yang dikeluarkan dari tempat asal ke tempat yang akan dituju. Apalagi dalam pendistribusian produk dalam suatu bidang usaha sangat diperlukan untuk menentukan rute optimal agar biaya yang dikeluarkan minimum. Untuk menyelesaikan masalah dalam artikel ini, kami menggunakan metode pemrograman dinamis dengan tujuan untuk menentukan jarak tercepat dari Ceps Aquarium Depok menuju Saenamina Fish Farm Cipanas Bogor sehingga biaya yang dikeluarkan minimum. Program Dinamis (dynamic programming) merupakan metode pemecahan masalah dengan cara menguraikan solusi menjadi sekumpulan (stage), sedemikian sehingga solusi dari persoalan dapat dipandang dari serangkaian keputusan yang saling berkaitan. Solusi yang digunakan yaitu pemrograman dinamis dengan data yang sudah didapat kemudian diolah dan dilakukan perhitungan sehingga hasil yang didapatkan optimal, Diketahui dari hasil analisis perhitungan dari tahap ke 9, dapat disimpulkan bahwa rute terpendek untuk pengiriman ikan dari Ceps akuarium menuju Saenamia, yaitu Ceps akuarium Citayam Rs Citama MCD Pemda Stadion Pakansari Lampu merah POMAD Talang RSUD Bogor Saenamia dengan jarak sejauh 35,7 km.


Full Text:

PDF

References


. Hayati, E. N. (2012). Penerapan Program Dinamis Untuk Menentukan Jalur Perjalanan Yang Optimum Dengan Bantuan Software Winqsb. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 6(2).

Utama, D. M. (2019). Model program dinamis untuk lot size multi item dengan kendala kapasitas gudang. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 14(1), 21-26..

Aditya Agung Putra. 2013. “Paradigma Pemrograman Dinamis dalam Menentukan Rute Distribusi Bahan Bakar Minyak Berdasarkan Kebutuhan Penduduk

di Suatu Daerah.” Program Studi Teknik Informatika

Anggun, T. Y., & Munawar, A. (2014). Analisis Sistem Transportasi Sampah Kota Tuban Menggunakan Dynamic Programming. Envirotek: Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 6(1), 45-52.

Saputra, K., Harahap, N. H., & Sitorus, J. S. (2020). Analisis Transportasi Pengangkutan Sampah di Kota Medan Menggunakan Dynamic Programming. Jurnal Informatika, 7(2), 126-130.

Utama, D. M. (2017, November). Model Program Dinamis Dalam Penentuan Lot Pemesanan dengan Mempertimbangkan Batasan Modal. In Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa) (No. 3).

Jumadi, J. J. (2014). Penentuan Rute Terpendek Menuju Kampus Menggunakan Algoritma Dynamic Programming. JURNAL ISTEK, 8(1).

Indam Muhammad. 2014. “Penerapan Program Dinamis dalam Menentukan RuteTerbaik Transportasi Umum” Jurnal Teknik Informatika

Sari, N. I. (2020). Penentuan Rute Terpendek Pendistribusian Produk Kue Dengan Menggunakan Algoritma Dynamic Programming Pada Pabrik Kue Ima Brownies (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Shofi Nur Fathiya. 2011. “Penentuan Rute Travel Door to Door dengan Program Dinamis.” Jurnal Teknik Informatika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.