Optimasi Biaya Persediaan Komoditi Sayur Organik Di PT Masada Organik Indonesia Menggunakan Simulasi Monte Carlo

Fitri Fitri, Rivaldi Fajar Adhiputra, Suci Lestari

Abstract


Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki peluang dalam mengembangkan pertanian organik. Beberapa tahun terakhir ini, perhatian masyarakat terhadap pertanian organik semakin meningkat. Salah satu komoditi prospektif yang dapat dikembangkan dengan sistem pertanian organik di Indonesia adalah sayur -sayuran. Setiap perusahaan memiliki permintaan yang harus dipenuhi, namun terkadang permintaan tersebut tidak menentu, hal yang sama juga terjadi pada PT Masada Organik Indonesia. Masalah yang dihadapi PT Masada Organik Indonesia adalah tidak terkontrolnya pengendalian persediaan yang disebab kan oleh permintaan pelanggan yang dinamis dan fluktuatif. Jika permintaan melebihi persediaan yang ada, maka menyebabkan adanya kekurangan stok (stock out) dan jika permintaan lebih sedikit dari persediaan yang ada, maka menyebabkan stok berlebih (over stock). Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi atau menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter opera sionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputus an berdasar hasil dari simulasi. Simulasi Monte Carlo bertujuan untuk menentukan kebijakan persediaan bahan baku yang optimal berdasarkan pada kuantitas pemesanan bahan baku. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi mengendalikan persediaan komoditas sayur organik secara optimum sehingga dapat meminimalkan biaya persediaan. Biaya persediaan yang ada pada perusahaan (existing) sebesar Rp. 280.587.815 dan biaya persediaan dengan simulasi monte carlo adalah Rp274.305.472 dan presentase penghematan sebesar 2,239% dengan menggunakan metode Simulasi Monte Carlo. dapat disimpulkan bahwa me tode Simulasi Monte Carlo dapat mengoptimasi dan memberikan solusi terbaik dengan menghasilkan biaya persediaan yang lebih minimal dari pada biaya persediaan yang dihasilkan oleh perusahaan


Full Text:

PDF

References


. Arief, Syaeful dan Aji, Taufiq, 2013. Pengendalian

Persediaan Menggunak an Simulasi Berbasis Spreadsheet. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

. Arifin, Miftahol. 2008. Simulasi sistem industri. Graha Ilmu. Yogyakarta.

. Assauri, Sofjan. 2001. Manajemen Produk si dan Operasi. Edisi Revisi Fakultas Universitas Indonesia, Jakarta.

. Aulia, Mes ran dan Silalahi. 2017. Simulasi persediaan barang pada koperasi dengan menggunak an Metode Monte Carlo studi k asus Sejahtera Mandiri Tamora. Jurnal Infotek. Vol 2. No.1.

. Chase, Jacob, Aquilano. 2004. Operation Management For Competitive Advantage, Tenth Edition. Mc Graw Hill.

. Gaspersz, Vincent. 2005. Production Planning and Inventory Control Berdasark an Pendek atan Sistem Terintergrasi MRP II dan JIT Menuju Manufacturing 21. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. Haming M, Nurnajamuddin, 2014. Manajemen

Produksi Modern. Bumi Aksara. Jakarta.

. Harahap dan Nurjayadi. 2016. Simulasi Monte Carlo dan Animasi Operasinya dalam Mengelo la persediaan bahan baku bangunan. Sains dan teknologi informasi. Vol 2. No.3.

. Heizer, Jay, Barry Rander. 2001. Operation Management Sixthy Edition . New Jersey: Prentice Hall, New Jersey.

. Heizer, Jay, Barry Rander. 2005. Manajemen Operasi (Judul Asli: Operation Management, diterjemahkan oleh: Dwianoegrahwati dan Indra Almadhy) Buku 1. Edisi ketujuh. Salemba Empat, Jakarta.

. Horngren, Charles T. dan Foster, George. 2004. Akuntansi Biaya Suatu Pendek atan Manajerial. Jilid I. Edisi Kesembilan. Erlangga, Jakarta.

. Ishak, Aulia, 2010. Manajemen Operasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

. Kumala, Sukania, dan Christianto. 2016. Optimasi persdiaan spare part untul meningk atk an total penjualan dengan menggunak an simulasi monte carlo studi k asus di PT. ZXC. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol 4. No.3.

. Kusuma, Hendra, 2009. Manajemen Produksi - Perancangan & Pengendalian Produksi. Andi Yogyakarta.

. Matz, Adolph dan Usry, Milton F. 2002. Ak untansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Jilid I. Edisi Kesebelas. Erlangga, Jakarta.

. Muhardi, 2011. Manajemen Operasi. Refika Aditama, Bandung.

. Murfidin Haming, Haji, 2014. Manajemen Produksi

Modern Operasi Manufak tur. Bumi Aksara. Jakarta.

. Nachrowi D., Hardius. 2004. Tek nik Pengambilan Keputusan. Grasindo. Jakarta.

. Rangkuti, Freedy. Manajemen Persediaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

. Nasution, Khairun Nizar. 2016. Prediksi penjualan

barang pada koperasi PT. Perk ebunan Silindak dengan menggunak an Metode Monte Carlo . Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Vol 3. No.6.

. Nazir, Moh, 2013. Metode Penelitian. Edisi Kedelapan. Ghalia Indonesia. Bogor.

. Pangaribuan, Wendryk F.P, 2015. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunak an Simulasi Monte Carlo Case Study: PT. Adipratama Suraprinta. Universitas Brawijaya. Malang.

. Prasetyowati, Erwin, 2016. Aplikasi Simulasi Persediaan Teri Crispy Prisma Menggunak an Metode Monte Carlo. Universitas Madura. Pamekasan.

. Ristono, Agus, 2009. Manajemen Persediaan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

. Sarjono dan Lestari. 2012. Perencanaan persediaan dengan pendek atan Metode Monte Carlo . Jurnal Forum Ilmiah. Vol 9. No.2.

. Sarjono, Haryadi, Yulia Agustina dan Arko Pujadi. 2008. Analisis Peramalan Penjualan pada PT Multi Megah Mandiri Tahun 2009. Management Expose Volume 8 No 17., ISSN 1410-8631.

. Sarjono, Haryadi. 2010. Aplik asi Riset Operasi. Salemba Empat, Jakarta.

. Stoner, James A.F. 2006. Manajemen. Jilid I. Edisi Keenam. Salemba Empat, Jakarta.

. Tannady, Hendy. 2014. Aplik asi Simulasi Monte Carlo tidak terstruk tur pada scheduling karywan maintenance engineering. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer. Vol 3. No.11.

. Veza, Okta. 2016. Simulasi pengendalian persediaan gas menggunak an Metode Monte Carlo dan pola LCM studi k asus di PT.PKM Group Cabang Batam. JT-IBSI. Vol 01. No.01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.