Analisis Pengangkatan Beban Box Minyak Goreng Pada Pekerja Indomaret

Ahmad Rohimi, Aep Rahayu, Ilham Efendy, Widya Puspita

Abstract


Dalam dunia kerja pengetahuan terhadap performa tubuh akan sangat membantu dalam pembuatan strategi untuk meningkatkan produktifitas kerja dan pada minimarket banyak yang masih menggunakan tenaga manusia untuk melakukan pekerjaan. studi kasus diIndomaret condet Jakarta timur dimana pegawai indomart melakukkan pekerjaan mengangkat box minyak goreng dari mobil pick up kedalam toko . Data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode biomekanika dan fisiologi. Populasi dalam penelitian ini adalah staf karyawan indomaret di daerah Jakarta timur, dengan sampel sebanyak 4 box minyak goreng dengan isi 6 pcs dan berat 1 box sebesar 25 kg. Penelitian ini menunjukan resiko cidera tulang belakang atau tidak dan konsumsi energi yang diperlukan oleh pekerja, dari hasil analisis yang didapat dari hasil perhitungan RWL dan LI didapatkan hasil Lifting Indexlebih besar dari 1 maka hal ini berpotensi terjadinya cidera tulang belakang jika dilakukan dalam jangka panjang. Kemudian untuk konsumsi energi didapatkan hasil melalui perhitungan berada pada rentang 2,3 – 2,9 kkal/menit, maka dapat dikatakan beban kerja yang diterima oleh staf indomaret untuk mengangkat box minyak goreng tergolong ringan


Full Text:

PDF

References


. Novariyanto, Frisma & Erni Suparti. “Analisis Pengangkatan Beban Air Galon dengan Pendekatan Fisiologi dan Biomekanika (Studi Kasus : Di Toko Sejahtera Surakarta)”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi. Vol. 5 – No. 1. ISSN : 2303-1476, e-ISSN : 2303-1867. November 2016.

. Zeki, Muhammad, dkk. “Analisis Efektifitas Kerja Pengangkatan Beban Pada Bagian Pengantongan Di PT. Pupuk Krueng Geukuh”. Industrial Engineering Journal Vol.6 No.2. ISSN 2302 934X. September 2017.

. Tarwaka. 2014. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, Dan Produktvitas. Edisi Kedua. Surakarta: Harapan Press Surakarta.

. Muslimah, Etika, dkk. “analisis aktifitas angkat beban ditinjau dari aspek biomekanika dan fisiologi”. Simposium Nasional RAPI VIII. ISSN : 1412-9612. 2009.

. Hardianto, I. & Yassierli, 2015, Ergonomi Suatu Pengantar 1, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

. Material Handling (MMH) dengan Menggunakan Metode Biomekanika Untuk Mengidentifikasi Resiko Cidera Tulang Belakang (Musculoskeletal Disorder) (Studi Kasus pada Buruh Pengangkat Beras di Pasar Jebor Demak), Jurnal Teknologi Industri, XLV (119), pp. 37-56.

. Mulyaningrum, R. A., 2009, Analisa Aktifitas angkat Beban Ditinjau dari Aspek Biomekanika dan Fisiologi (CV. Prima,Purwodadi), Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

. Soleman, A., 2011, Analisis Beban Kerja Ditinjau dari Faktor Usia dengan Pendekatan Recommended Weight Limit ( Studi Kasus Mahasiswa Unpatti Poka), ARIKA, Vol. 05, No. 2, pp. 83-98.

. Sukania, I. W., Widodo, L. & Natalia, D., 2012, Identifikasi Keluhan Biomekanik dan Kebutuhan Operator Proses Packing di PT X, Jurnal Energi dan Manufaktur, Vol. 6, No1, pp. 1-94.

. Higneet, S. 2000. Rapid Entire Body Assessment (REBA). Applied Ergonomics Vol 31 Hal 201205. Australia: Barkeley Valey Inc. Iridiastadi, Hardianto, Ir., MSIE., Ph.D. 2013. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

. Nurfitriani, Wina. 2015.” Analisis Faktor Lingkungan Fisik Yang Mempengaruhi Kondisi Kantor”. Jurnal Skripsi. Bandung: Politeknik Negeri Bandung

. Nurmianto, E. 2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

. Khalid,Thoha. 2009.Analisis resiko Ergonomi dan Keluhan Muskuloskeletal pada upper Limb Extrimities Akibat Penggunaan Laptop pada Mahasiswa S1 FKM UI. FKM UI. [14] Bambang suhardi. Perancangan system kerja. Cetakan 1 Surakarta. UPT UNS Press. 2015.

. Hardianto Iridiastadi. Yassierli. Ergonomi suatu pengantar, PT. Remaja Rosdaya. Bandung. 2014.

. Kroemer and Elbert. 1994. Ergonomics, How to Design For Ease and Efficiency. London: Taylor and Francis.

. Kroemer, Karl H.E., Kroemer, Anne D., 2001, Office Ergonomics, New York, Taylor & Francis

. McCormick,E.J and M.S. Sanders. Human factor in Engineering and design. New York: McGraw Hill Book Company, 1994.

. Nurmianto, Eko; 2004. Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Kedua, PT. Guna Widya, Surabaya.

. Peraturan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi R.I. No. Per 03/MEN/1978. Tentang Penunjukan dan Wewenang, Serta Kewajiban Pegawai pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Ahli Keselamatan Kerja.

. Tarwaka, Solichul, Sudiajeng, L. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas, Uniba Press, Surakarta, 2004.

. Kuswana, S.W, 2016. Ergonomi dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Edisi ke-2.Rosdakarya Bandung.

. Waters, T. R.; Anderson, V. P.; Garg, A., Fine, J. 1993. Revised NIOSH Equation for the Design and Evaluation of Manual Lifting Task. National Institute for Occupational Safety and Health, Cincinnati.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.