Optimalisasi Biaya Transportasi Pendistribusian Alat Swab Test Covid-19 Menggunakan Model Transportasi Metode Stepping Stone (Studi Kasus PT. BATARA HUSINDO RAYA)

Batara Daning Aditya, Bagas Sapta Saputra, Hariawan Hariawan

Abstract


PT. Batara Husindo Raya merupakan perusahaan distributor Alat Swab Test Covid-19 yang berada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh biaya transportasi yang optimal dalam pendistribusian Alat Swab Test Covid-19 kepada Rumah Sakit-Rumah Sakit yang menerima. Untuk memperoleh tujuan dari penelitian ini dilakukan beberapa langkah yaitu: Dengan membuat model transportasi dari data yang diperoleh, Menentukan solusi awal dengan metode Biaya Terkecil (Least Cost), dan menentukan solusi optimal dengan metode Stepping Stone. Dari hasil penelitian didapatkan solusi awal sebesarĀ  š‘…š‘. 12.500.000 dan solusi optimal sebesar š‘…š‘. 12.500.000.Ā  SedangkanĀ  biayaĀ  transportasiĀ  dariĀ  perusahaanĀ  sebelumĀ  dilakukanĀ  pengoptimalanĀ  sebesar š‘…š‘. 15.000.000. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Batara Husindo Raya dapat mengoptimalkan biaya transportasi untuk pendistribusian Alat Pelindung Diri pada bulan Mei 2020 dengan penghematan biaya sebesar š‘…š‘. 2.500.000 atau 16,6%.

Full Text:

PDF

References


. M. Fikriansyah. 2015. ā€œPenerapan Vogelsā€™s Approximation Method dan Modified Distribution dalam Meminimalisasikan Biaya Transportasi dan Distribusi Semen Bosowa Wilayah Selatanā€. Skripsi. Makassar : Program Strata Satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

. Nur Nafisah. 2017. Model Transportasi dan Pengaplikasian dalam Kehidupan Sehari-hari. Artikel. Depok : Mata Kuliah Riset Operasi Universitas Gunadarma


Refbacks

  • There are currently no refbacks.