Analisis Antrian Pada Loket Pintu Tol Cijago Dengan Menggunakan Simulasi Promodel

Janles Janles, Fikri Haikal

Abstract


Antrian adalah suatu kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Menunggu didepan loket untuk mendapatkan tiket kereta api atau tiket bioskop, gerbang tol tol, bank, kasir supermarket, dan situasi-situasi lain yang sering kita temui. Antrian terjadi disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas tidak bisa segera mendapat layanan disebabkan kesibukan layanan. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah system antrian di Gerbang Tol Cijago yang berada di bawah naungan PT Jasa Marga,Tbk. Kita ketahui bahwa volume kendaraan yang melewati Gerbang Tol Cijago dapat dikategorikan dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Hal ini membuat sering terlihat antrian yang cukup panjang terutama di jam sibuk pada saat  menjelang sore hari hingga malam hari. Fenomena ini terjadi dikarenakan sistem pelayanan yang dimilki masih belum maksimal terutama jika kita lihat dari jumlah gardu tol dan juga pelayanan yang diberikan oleh operator. Di Gerbang Tol Cijago, terdapat dua jenis gardu yaitu gardu tol manual yang khusus melayani mobil yang membayar secara manual atau cash, dan  gardu tol Exit yang melayani dengan system kartu E-Toll. pada antrian pintu tol serta pintu tol hasil utilitasnya dibawah 50% , menunjukkan bahwa pada jalur tersebut mengalami antrian, maka diperlukan perbaikan untuk mengurai antrian tersebut, hal ini menyatakan bahwa terjadi antrian/penumpukan mobil pada gerbang tol tersebut. Maka untuk mengurai kemacetan/antrian perlu ditambahkan gerbang tol untuk setiap jalurnya


Full Text:

PDF

References


. Bambang, W. (2016). Analisis Sistem Antrian. Lampung: Duta Graha Solusi

. Harrell, C., Gosh, Biman K., Bowden, Royce O., Jr. 2012. Simulation Using ProModel, Third Edition. New York: McGraw-Hill

. Sari, Novela S. 2013. Analisis Teori Antrian pada Stasiun Pengisin Bahan Bakar Umum (SPBU) Gajah Mada Jember. Skripsi Universitas Jember. Jember

. Kakiay, T. J. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Andi.

. Basuki, M. (2018). Analisis Sistem Antrian Pelayanan Registrasi Mahasiswa di BAAK Universitas Tridinanti Palembang. Sistem dan Manajemen Industri Vol. 2 , 17-22.

. Indrajaya,D.,&Cornellia,R. (2018). Analisis Model Antrian Loket Transaksi Pada PT POS INDONESIA (PERSERO) Kantor Cabang Sawangan Dengan Menggunakan Software Promodel. Jurnal STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), Vol 3, No 2 , Hal 170-175.

. Cornellia, R. Analisis Antrian Pada Loket Pembuatan Elektronik KTP Dengan Menggunakan Simulasi Promodel, Jurnal String, Vol. 3, 2018.

. Indrajaya, D. & Sinambela, S. Analisis Antrian Pengisian Bahan Bakar Kereta Api di PT. Pertamina Patra Niaga Dengan Promodel, Jurnal Widya Eksakta, Vol. 1 No. 2, Hal 86-90


Refbacks

  • There are currently no refbacks.