Penyelesaian Masalah Penugasan pada Drafter Menggunakan Metode Hungarian dan Aplikasi POM-QM

Bagas Prasetyo, Ali Murdani Lubis

Abstract


Salah satu bagian dari program linear yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah masalah penugasan (assignment problem). Masalah umum penugasan meliputi  tugas yang harus ditetapkan kepada  pekerja di mana setiap pekerja memiliki kompetensi yang berbeda dalam menyelesaikan setiap tugas. Metode yang dapat digunakan  dalam menyelesaikan persoalan ini adalah metode Hungarian dan menggunakan perangkat lunak POM-QM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penugasan pada drafterdi PT. Delta Global Struktur dalam menggambar komponen pada tiang pancang proyek Tol Becak-kayu, dengan melihat dari segi waktu penyelesaian minimum pekerjaan dengan menggunakan metode Hungarian dan bantuan aplikasi POM-QM. Dari hasil penelitian, setelah menggunakan metode Hungarian dan Aplikasi POM-QM diperoleh hasil penugasan yang tepat dari masing-masing drafter dalam menggambar komponen-komponen tiang pancang dengan alokasi waktu keseluruhan drafter dalam menyelesaikan 1 unit tiang pancang  yaitu 650 menit atau 10 jam 50 menit. Waktu penyelesaian ini lebih cepat dibandingkan dengan perhitungan waktu konvensional tanpa menggunakan metode Hungarian dan Aplikasi POM-QM.


Full Text:

PDF

References


Ristono, Ekonomi Teknik, Edisi Pertama, Yogyakarta:

Graha Ilmu, 2011.

I. Falani, “Penentuan Nilai Parameter Metode Exponential Smoothing dengan Algoritma Genetic dalam Meningkatkan Akurasi Forecasting,” Jornal Of Computer Engineering Sytemn And Science, vol.1 , no.3 , pp. 14-16, 2018.

Y. N. Firdaus, N. L. Buyung, A. Hermansyah, R. Nurhadiyati, I. Falani, dan E. Wiratmani, “Implementasi Algoritma Branch and Bound dalam Penentuan Jumlah Produksi untuk Memaksimalkan Keuntungan,” Jurnal String, Vol. 4, No. 1, pp. 8-14, 2019.

Q. R. Alvonda, F. Dinni, D. D. Saputra, I. Puspita, I. Falani, dan E. Wiratmani, “Implementasi Metode Simpleks dalam Penentuan Jumlah Produksi untuk Memaksimasi Keuntungan,” Jurnal String, Vol. 4, No. 1, pp. 8-14, 2019.

Siswanto, Operation Research, Jilid 2. Yogyakarta:

Erlangga, 2007.

T. J. Kakiay. Pemrograman Linear. Yogyakarta: Andi

R. Dodi, “Proses Optimasi dan Idealisasi Masalah Penugasan Multi-Objective Menggunakan Metode Hungaria pada Contoh Kasus Usaha Kerajinan Gitar di Ngrombo Baki Sukoharjo,” Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010.

H. Taha, Operations Research 8th ed.,USA: Upper

Saddle River Pearson Education Inc, 2007.

Chopra, Sunil, dan P. Meindl., Supply Chain Management: Strategy Planning and Opration Fourth Edition, USA: Pearson Education Inc., 2010.

R.F. Jacobs, dan R.B. Chase, Operations Suplly Chain Management Global Edition, USA: Mc graw Hill, 2011.

S. Singh dan G.C Dubey, “A Comparative Analysis of Asiggment Problem.” Journal of Engineering (IOSRJEN). vol. 2, no. 8, pp.01-15, 2012.

H. Lyeme, Introductions to Operations Research, Anantapur: A.P New Age International 2007.

H. Dilafroz dan M.A. Hossen, New Propossed Method for Solving Assignment Problem and Comparative Study with the Existing Methods. IOSR journal of Matheatics. Vol. 13, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.