Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Pelayanan Toko Minimarket Yang Berbeda Dengan Menggunakan Metode Uji Anova

Hernanda Sugiarto, Rafinur Sidiq, Novan Ilham, D. O. Ranti

Abstract


Minimarket adalah pasar swalayan yang secara ukuran toko dan jumlah item barang yang dijual lebih sedikit daripada yang lainnya. Dimana jumlah item barang yang dijual untuk minimarket antara 3000 sampai 5000 macam barang. Setiap tahunnya data jumlah minimarket di Indonesia terus mengalami pertumbuhan, persaingan dan perkembangan yang cukup pesat sehingga sudah jelas bahwa toko modern ini menawarkan pelayanan dan fasilitas yang lebih kepada masyarakat ketimbang pasar tradisional. Oleh karena itu dalam pembuatan artikel ini kami mencari tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode uji anova yang berhubungan dengan data yang kami dapat. Tujuan pembuatan artikel ini untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pelanggan dalam pelayanan toko minimarket X, Y, dan Z. Hasil data perbandingan ini terdapat jumlah pelanggan yang merasa puas dan tidak merasa puas.

Full Text:

PDF

References


A. D. Pristine, M. M. Siasah, “Keefektifan Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning, Problem Solving, dan Inquiry Dalam Pembelajaran IPS,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 4, no. 2, pp. 143-153, Sep. 2017.

A. Siti, Y. A. Oktsari, S. Evi, “Larvisida dan Pupisida Isotearil Alkohol Etoksilat Terhadap Larva dan Pupa Aedes Aegypti,” Kemas, vol. 8, no. 1, pp. 30-34, 2012.

K. Asrul, “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” Edisi Khusus, no. 1, pp. 21-32, Agustus. 2011.

H. Erma, S. Agustin, “Analisis Kadar Zat Gizi, Uji Cemaran Logam dan Organoleptik Pada Bakso dengan Subtituen Ampas Tahu,” Prosiding Seminar Nasional Unimus 2010, pp. 245-251, 2010.

F. Jauhar, Pathurahman, P. L. Gita, “Aplikasi Metode Analysis Of Variance (Anova) Untuk Mengkaji Pengaruh Penambahan Silica Fume Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Mortar,” Jurnal Rekayasa Sipil, vol. 12, no. 1, pp. 11-23, Feb. 2016.

T. Maria, “Uji Efektivitas Ekstrak Daun Pepaya (Carica Papaya L) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus,” Jurnal Kesehatan, vol. 7, no. 3, pp. 497-502, Nov. 2016.

P. Niswah, Yamlean. P. V. Y, K. Novel, “Uji Efektivitas Salep Ekstrak Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) Pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus) Yang Terinfeksi Bakteri Staphylococcus aureus,” Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi, vol.2, no. 01, pp. 51-61, Feb. 2013.

Septiadi. A, Ramadhani. W. K, “Penerapan Metode Anova Untuk Analisis Rata-Rata Produksi Donat, Burger, dan Croissant Pada Toko Roti Animo Bakery,” Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, vol. 2, no. 1, pp. 60-64, Sep. 2020.

P. A. Mardiana, M. Wisnu, “Analisis Efisiensi Bank Persero dan Bank Asing Dengan Metode Stochastic Frontier Analysis (SFA) dan Analysis Of Variance (ANOVA),” Diponegoro Journal Of Management, vol. 5, no. 2, pp. 1-10, 2016.

H. H. Van, N. A. Rizka, Zuliantoni, “Optimasi Parameter Proses Untuk Meningkatkan Produktivitas Pembubutan Dengan Menggunakan Metode Taguchi dan Anova,” Jurnal Mekanikal, vol. 8, no. 1, pp. 704-708, Jan. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.