Perancangan Microblog Instagram Sebagai Media Kampanye Edukasi Gaslighting
Abstract
Gaslighting merupakan istilah yang sedang populer pada platform sosial media di Indonesia, bahkan dinobatkan sebagai ‘Word of The Year 2022’ dalam pencarian kamus Merriam Webster. Di Indonesia, gaslighting biasanya terjadi pada usia 15 sampai 20 tahun ke atas dan umumnya terjadi dalam suatu hubungan romansa baik pernikahan maupun berpacaran. Masyarakat Indonesia mewajarkan gaslighting dan tidak mengambil tindakan atas perlakuan yang mereka terima. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan tindakan yang dapat mengedukasi masyarakat terkait gaslighting, salah satu tindakan yang dapat dilakukan ialah kampanye. Tujuan dari perancangan ini ialah untuk merancang dan mengimplementasikan kampanye gaslighting sebagai upaya untuk mengedukasi remaja usia 17 - 25 tahun dalam hubungan sosial lawan jenis di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode design thinking dan teori-teori seperti desain grafis, tata letak, dan teori media baru untuk menyelesaikan permasalahan. Hasil yang diperoleh dari perancangan berupa pengolahan ide, seperti tema dan konsep, hashtag dan slogan, nama microblog, pemilihan warna, pemilihan tipografi serta elemen visual yang digunakan. Sedangkan microblog diimplementasikan dengan eksekusi visual seperti logo yang digunakan, konsep template, serta pembagian konten yang dibagi menjadi tiga jenis, yaitu konten trivia, konten interaktif, dan konten quotes.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abramson, K. (2014). TURNING UP THE LIGHTS ON GASLIGHTING. Philosophical Perspectives, 1-30.
Annur, C. M. (2022). Berapa Lama Masyarakat Global Akses Medsos Setiap Hari? Diambil kembali dari databoks.katadat.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/berapa-lama-masyarakat-global-akses-medsos-setiap-hari
Brown, T., & Wyatt, J. (2018). An Introduction to Design Graphic PROSESS GUIDE.
Cangara, H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Christensen, M., & Evan-Murray, A. (2021). Gaslighting in nursing academia: A new or established covert form of bullying? Nursing Forum, 640-647.
Fanny, M. A. (2022). Gaslighting di Indonesia. (F. Sandra, Pewawancara)
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIALSEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN.
Google Trends. (2022). google trends gaslighting. Diambil kembali dari https://trends.google.co.id/trends/explore?date=now%201-d&geo=ID&q=gaslighting&hl=id
Gunawan, H., & Primasari, C. H. (2018). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENINGKATAN KOMUNITAS.
Junaedi. (2021). 7 Cara membuat microblog di Instagram beserta contohnya. Diambil kembali dari Ekrut.com: https://www.ekrut.com/media/microblog-adalah
Karina, A. A., & Budiwaspada, A. E. (2020). Perancangan Media dalam Kampanye Sosial untuk Mengatasi Toxic Dating Behavior pada Aktivitas Kencan Online.
Merriam-Webster Dictionary. (2023). Diambil kembali dari https://www.merriam-webster.com/dictionary/gaslighting?utm_campaign=sd&utm_medium=serp&utm_source=jsonld
Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakrta: Rineka Cipta.
Perdana, A. (2023). Sedang Ramai, Ketahui Cara Membuat Konten Microblogging Instagram di Sini. Diambil kembali dari https://glints.com/id/lowongan/membuat-microblogging-instagram/#.ZGSSKHZBzb1
Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). Self Disclosure melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasuspada Anggota Galeri Quote). Nyimak Journal of Communication, 81-94.
Supriadi, O. (2019). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Suryaningrum, F. (2022). Kenali Jenis Logo yang Cocok untuk Bisnis Anda. Diambil kembali dari aksarada.id: https://aksaradata.id/blog/kenali-jenis-logo-yang-cocok-untuk-bisnis-anda/
Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teorities dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Zhang, J., Liu, Y., & Sha, L. (2016). The Use of Microblog, Social Support, and Depression: A Study of Chinese College Students. International Journal of School and Cognitive Psychology.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.8592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitria Sandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.