Reposisi Sketsa Dalam Pendidikan Desain Komunikasi Visual

Bambang Tri Rahadian, Johanes Park

Abstract


Sketsa adalah teknik yang dilakukan sebagai fase awal pembuatan sebuah karya seni rupa dan desain. Sebagai kegiatan yang dilakukan di awal penciptaan karya, sketsa kerap dilewatkan begitu saja dan dianggap tidak perlu disimpan bahkan dikuasai dengan benar. Hal tersebut dikarenakan  terdapat anggapan bahwa tujuan utama pembuatan karya seni rupa dan desain adalah hasil akhir saja.  Penelitian  ini menelusuri kembali peran penting proses menggambar sketsa dalam pendidikan di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif merupakan sebuah metode untuk menguraikan sebuah keadaan atau fenomena alamiah ataupun buatan manusia. Untuk memberikan deskriptif di dalam penelitian, dilaksanakan pengkajian pustaka, dokumentasi kegiatan, wawancara, dan observasi kepada para penggiat sketsa di komunitas Urban Sketcher di Jakarta.   Dalam penelitian ini, sketsa  ditempatkan kembali sebagai proses yang tidak boleh diabaikan dalam pekerjaan menggambar ilustrasi atau merancang visual. Wawasan dalam penelitian ini terkait  dengan aktivitas menggambar sketsa yang digerakkan oleh komunitas sketsa urban (urban sketch) di Indonesia, yang prakteknya dilaksakan kembali dalam mata kuliah – mata kuliah yang terkait atau pelibatan mahasiswa sebagai kegiatan penunjang. Dengan demikian hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membuka wacana bagi pengembangan pendidikan DKV yang responsif pada perkembangan zaman.

 


Keywords


Ilustrasi; Sketsa Urban; DKV

References


Bacher, H. P. (2015). Sketchbook: Composition Studies for Film. Laurence King Publishing.

Budjono, B. (2012). Seni Rupa Indonesia dalam Kritik dan Esai (A. Wicaksono, Ed.). Dewan Kesenian Jakarta.

Edwards, B. (2002). The New Drawing on the Right Side of the Brain. Most Tarcher.

Kraus, W. (2012). Raden Saleh: Awal Seni Lukis Modern Indonesia. Goethe Institut Indonesien.

Mesra,M. (2014) Pengaruh Beberapa Mata Kuliah Dasar- Dasar Menggambar Terhadap Menggambar Model. Jurnal Bahas Unimed, 25(4)

Nugraha, D.(2021). Peran Agen Sosial Dalam Membangun Komunitas KamisSketsa Galeri nasional Indonesia 2017-2020. Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta. Jakarta

Saptari, S. (Ed.). (2022). Sultan Agung dalam Goresan S.Sudjojono. Kepustakaan Populer Gramedia.

Sudaryono. (2021). Metodologi Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method (2nd ed.). Rajawali Press.

Yangni, S. (2014). Sketsa Haptik: Jejak Sketsa dalam Seni Lukis Indonesia. Penerbit Gang Kabel.

Vision & Values. (2022, April 20). https://urbansketchers.org/who-we-are/




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.8487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Johanes Park

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.