Kajian Elemen Desain Video Ruangguru Berat Boneka Matematika SD Sebagai Visualisasi Pembelajaran

Alisha Nurdianawati, Winny Gunarti Widya Wardani, Nurulfatmi Amzy

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa Sekolah Dasar karena media pembelajarannya yang kurang menarik perhatian siswa. Sehingga banyak platform media pembelajaran digital yang berperan penting dalam membantu proses pembelajaran seperti Ruangguru. Salah satu contohnya adalah video Pembelajaran Berat Boneka-Matematika SD yang menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji desain elemen-elemen berupa elemen ilustrasi, warna, dan tipografi yang terdapat pada video pembelajaran tersebut dengan menggunakan metode semiotika Ferdinand De Saussure yang membagi tanda menjadi penanda ( Signifier ) dan penanda ( Signified ) . ).Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara dengan narasumber terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran memuat peta-penanda berupa hasil dari penarikan kesimpulan elemen desain yang meliputi ilustrasi, warna, dan tipografi. Pemilihan ilustrasi, warna, dan tipografi sangat dipertimbangkan, sehingga sesuai dengan tingkat pemahaman target audiens. Dengan menggunakan metode semiotika Saussure dalam mengkaji elemen desain pada video pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi salah satu media alternatif pembelajaran yang mempermudahkan siswa dalam belajar matematika. Sehingga siswa dapat menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan.

Keywords


Elemen Desain; Video Ruangguru; Visualisasi Pembelajaran; Matematika SD

References


Basa Z. A, & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Vol. 3 No. 3. Hlm 943 950.

Fokus Visualisasi dalam Media Pembelajaran. (2020, Agustus 21). https://maglearning.id/2020/08/21/fokus-visualisasi-dalam-media-pembelajaran/#comments.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 7, No.2.

Ichsan, J. R. dkk (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021). Hlm 183-188.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastica, Y. dkk (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. Vol. 5, No. 5. Hlm 3260-3269.

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3, No.2.

Ruangguru. (2022). About PT. Ruang Raya Indonesia. https://www.ruangguru.com/about-us.

Ruangguru. (2022). Apa Itu Ruangguru?. https://www.ruangguru.com/blog/apa-itu-ruangguru-com.

Ruangguru. (2022). Pembelajaran Interaktif Beranimasi Petualangan Dafa Lulu. https://www.ruangguru.com/dafa-lulu.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i3.8428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alisha Nurdianawati, Winny Gunarti Widya Wardani, Nurulfatmi Amzy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.