Penguatan Pembacaan Pesan Pada Kolaborasi Pertunjukkan Performance Art Dengan Video Mapping Sebagai Media Kontemporer

Syarifah Arsitadewi Putri Gayanti, Nadya Cindylaras, Yuni Ferida, Wegig Murwonugroho

Abstract


Seni rupa kontemporer merupakan suatu bentuk seni yang tidak terikat dengan peraturan era terdahulu, juga seni rupa kontemporer berkembang menyesuaikan pada jamannya. Seni kontemporer tidak terpisahkan dari peristiwa sejarah dalam kehidupan sosial manusia hingga sekarang ini dan bersifat transformatif, yang berarti sebagai sebuah karya seni, performance art akan terus mengikuti perkembangan pemikiran dalam kehidupan sosial masyarakat. Performance art merupakan sebuah karya seni yang melibatkan pergerakan tubuh seorang individu maupun suatu kelompok pada waktu dan tempat tertentu yang mengandung kritik-kritik sosial kemasyarakatan dan umumnya melibatkan empat unsur: ruang waktu, hubungan audiens dengan seniman, serta anggota tubuh sang seniman. Dewasa ini, gagasan penggabungan performance art dengan teknologi telah dilakukan oleh seniman kontemporer, salah satunya melalui media video mapping yang merupakan teknik pencahayaan dan proyeksi guna menciptakan konten visual dengan merubah suatu permukaan exterior maupun interior objek, sehingga menciptakan suatu ilusi optis. Penulisan artikel ilmiah ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis terhadap bagaimana peran tampilan video mapping sebagai media visual kontemporer pada performance art. Artikel ini menggunakan metode fenomenologi, yaitu studi yang membahas tentang pengalaman seseorang dan bagaimana proses suatu pengalaman tersebut terbentuk, yang terdiri dari bracketing, intuiting, analizing, dan describing. Berdasarkan analisis pembahasan dapat diketahui bahwa video mapping dan performance art saling mengisi dan membentuk suatu gambaran yang saling mendukung, sehingga ketika pemaknaan intuiting, analizing, dan describing pada proses berikut, penggambaran yang ditangkap dan dimaknai oleh audience lebih terbangun, pemaknaan suatu karya seni kontemporer performance art lebih banyak terbaca ketika terjadi kolaborasi, dari pada tidak terdapatnya kombinasi antara kedua media tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa kolaborasi pemanfaatan video mapping pada performance art meningkatkan pemaknaan narasi suatu konten media seni rupa kontemporer pada masyarakat modern.

Keywords


Seni Kontemporer; Video Mapping; Performance Art; Multimedia

References


Arantes, P. (2018). Contemporary Art, the Archive and Curatorship: Possible Dialogues. Curator, 61(3), 449–468. https://doi.org/10.1111/cura.12266

Arsi, A. (2017). SAVREMENOG UMETNICHKOG.

Dalam, P., Kelas, P. T., Sekolah, P. T., Pendidikan, P. S., Dharma, T., & Tinggi, P. (n.d.). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi : Sebuah Penelitian Kualitatif. 1–15.

Dienaputra, R. D. (n.d.). Rekonstruksi Sejarah Seni Dalam Konstruk Sejarah Visual. 1–16.

Et.al, E. F. J. (2021). Video Mapping for Sea Turtle Preservation Education Campaign. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3076–3084. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1529

Friedman, D. (2021). Performance Activism. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-80591-3_7

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. 08(01).

JOBSON, C. (2015). The Movement of Air: A New Dance Performance Incorporating Interactive Digital Projection from Adrien M & Claire B. https://www.thisiscolossal.com/2015/11/movement-of-air-dance/

Joong, T. of C. A. K. E., & OP, F. H. M. (2018). Theology of Contemporary Art: Kim En Joong Félix Hernández Mariano OP. ATF (Australia) Ltd. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/j.ctvjz8301

Maulid, R. (2021). Mengenal Analisis Konten dalam Analisis Data Kualitatif. DQLab. https://dqlab.id/mengenal-analisis-konten-dalam-analisis-data-kualitatif#:~:text=Analisis isi (content analysis) adalah,atau tercetak dalam media massa.

Murwonugroho, W., Desain, M., & Trisakti, U. (2019). SUREALISME DALAM JOGJA VIDEO MAPPING PROJECT 2019. 26–42.

Noersyah, R. (2021). Mix Media Antara Seni Tari Dengan Video Mapping “Nirzana Treasure.” http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9619%0Ahttp://digilib.isi.ac.id/9619/17/Raffi Noersyah_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

RAPHAEL, S. (2019). Descriptive Method. An Oak Spring Sylva, 7(1), xxvii–xxviii. https://doi.org/10.2307/j.ctvckq9v8.7

Rompas, J. H., Sompie, S. R. U. A., & Paturusi, S. D. E. (2019). Penerapan Video Mapping Multi Proyektor untuk Mempromosikan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 493–504. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/29010

Rudi Kurnia, I. R. M. (2022). Proses Kreatif Pada Pembuatan Video Mapping Kajian Proses Lateral thinking pada Pembuatan Video mapping Swadharma Ning Pertiwi. 2, 2–5.

Suryarasmi, A. (2017). Kata kunci : Video Mapping, Media pembelajaran, Animasi, Sistem pernapasan xi.

Vainalavičiūtė, G. (2016). Communication Solutions by Improving Interactive Art Projects. 24(1). https://doi.org/10.3846/cpc.2016.191

Eriyanto, A. N. (2013). Dasar-dasar dan penerapannya dalam analisis teks berita media. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Kurniawan, M. P. (2014). Perancangan dan pembuatan media pembelajaran bahasa Jawa dengan teknik masking (Studi Kasus SMA N 1 Ngluwar Magelang). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 39-42.

Liliandari, A. R. (2020). Analisis komponen dasar visual storytelling dalam video kampanye sosial tentang pelecehan seksual pelajar pada film pendek ‘Locker Room’ karya Greta Nash. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual, 166-176.

Novianto, K. B. (2015): Pemanfaatan komik strip sebagai media apresiasi tokoh wayang Pandawa pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kaliwungu Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

PC Present. (2019). Pagelaran wayang kulit bersama Ki Manteb Sudarsono lakon Dewa Ruci Pakeliran Padhat. Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=lShUgtubxQ4.

Putiamary, A., & Mansoor, A. Z. (2015). Perancangan webcomic interaktif “Horror Stories of Indonesia”. Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia,7(1), 35-54.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdaka




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i3.8276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wegig Murwonugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.