Pembuatan AR Filter Topeng Unik Dengan Metode Adie

Candra Feriana, Anung Rachman, Asmoro Nurhadi Panindias

Abstract


Dunia digital sudah semakin berkembang pada masa sekarang ini, dan ide-ide baru juga banyak bermunculan. Bahkan pada saat ini iklan tidak hanya sekedar berwujud poster, flyer, video ataupun animasi, namun sekarang wujud periklanan sudah memasuki dunia Augmented Reality (AR). Augmented reality merupakan salah satu terobosan di bidang teknologi yang mampu membuat ilusi seolah-olah sebuah benda virtual dapat berada diantara kita untuk dapat berinteraksi. Oleh karena itu disini penulis ingin membuat AR filter dengan tema topeng untuk menghibur pengguna, serta pengguna dapat seakan-akan menggunakan topeng tanpa harus membeli ataupun membuat topeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ADDIE yaitu metode yang dilakukan dengan melakukan analisysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam perancangan filter AR (augmented reality) instagram dengan face mask Spark AR ini dilaksanakan dengan teknik observasi dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh adalah filter dengan desain burung garuda dengan motif batik kawung yang dapat digunakan secara umum melalui instagram.

Keywords


Filter; Teknologi; Desain

References


Arifitama, B., Syahputra, A., & Bintoro, K. B. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Filter Augmented

Reality Menggunakan SPARKAR. JURNAL INDUSTRI KREATIF DAN INFORMATIKA

SERIES (JIKIS), 2, 25–29. http://jikis.org/index.php/main/article/view/35

Ferdiansyah, A., & Kurniawan, H. (2020). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran

Pengenalan Kain Nusantara Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. It

(Informatic Technique) Journal, 7(2), 196. https://doi.org/10.22303/it.7.2.2019.196-205

Karundeng, F. (2020). DEVELOPING INSTAGRAM FILTER-BASED ACCOUNTING

EDUCATIONAL GAME AS A FUN LEARNING MEDIA. Review of Behavioral Aspect

in Organizations & Society. https://ssbrj.org/index.php/rbaos/article/view/139

Pochtoviuk, S. I., Vakaliuk, T. A., & Pikilnyak, A. V. (2020). Possibilities of application of

augmented reality in different branches of education. CEUR Workshop Proceedings, 2547,

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya | Vol. 00 No.00 | Hal.

–106. https://doi.org/10.31812/educdim.v54i2.3867

Putra, K. (2020). PERANCANGAN FILTER INSTAGRAM BERBASIS AUGMENTED

REALITY DENGAN FACE MASK SPARK AR PADA AKUN NEW MEDIA COLLEGE.

Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 391–398.

https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/1194

Sufiatmi, Astriani, D., & Prawita, F. N. (2020). The Use Of Augmented Reality In a Virtual MakeUp Trial Application. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 4077–4088.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/do

wnload/13944/13684

Zhan, T., Yin, K., Xiong, J., He, Z., & Wu, S. T. (2020). Augmented Reality and Virtual Reality

Displays: Perspectives and Challenges. IScience, 23(8), 101397.

https://doi.org/10.1016/j.isci.2020.101397




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i3.8229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Candra Feriana, Anung Rachman, Asmoro Nurhadi Panindias

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.