Representasi Budaya Digital Pada Iklan Televisi ”HiLo Teen”
Abstract
Iklan televisi Hilo: Tumbuh tuh keatas gak kesamping adalah Tagline yang melekat pada iklan televisi susu Hilo. Susu Hilo memangidentik sebagai susu penumbuh tinggi badan. Hilo merupakan produk merek Susu yang diproduksi oleh Perusahaan Nutrifood Indonesia yang diduga memiliki arti high yang berarti high kalsium dan low yang berarti lowfat. Merek Hilo sendiri dirilis pada tahun 2004 dan merek Hilo mengutamakan tinggi kalsium dan rendah lemak. Varian Susu Hilo yang disebutkan diatas tadi, disuplementasikan dengan komposisi Kondroitin dan Glukosamin dan dipasarkan dalam bentuk susu bubuk. Artikel ini akanmembahas lebih spesifik mengenai Hilo-Teen, dimana produk Hilo-Teen memiliki citra yang kuat terhadap citra tubuh dan ekspetasi orang lain terhadap susu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan citra yang dibangun oleh produk susu Hilo dalam iklan televisi yang dapat menarik minat para konsumen agar dapat memiliki tubuh yang tinggi setelah mengkonsumsi susu Hilo-Teen tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis semiotika agar peneliti dapat mendepskripsikan dengan jelas tanda-tanda yang ada dalam iklan Hilo. Tujuan metode ini untuk memberikan persepsi melalui tanda seperti gambar dan bersifat deskriftif menjelaskan melalui kata – kata yang akan menimbulkan persepsi karena adanya citra yang dibentuk terhadap iklan televisi ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra
Fitrisari , R. (2018). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklan Susu Hilo Di Televisi
Dengan Body Image Pada Remaja Akhir. Yogyakarta (ID) : Universitas Mercu Buana
Heppy,Endang. (2017). REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA IKLAN (Tinjauan Semiotika Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain. 4(3), 212-230
Iskandar , M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Bandung (ID)
Universitas Telkom
Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Penerbit Grafiti.
Megawati, E. (2017). Representasi Gender Dalam Iklan : Study Stereotyping Pada Iklan
Susu Hilo Remaja. Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi
Sofiandy, D. A. (2018). Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Film Animasi
Super Neli Bandung Tahun 2018. Bandung (ID) : Universitas Telkom
Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual . Yogyakarta (ID) : Jalasutra.
Utari, Prahastiwi. 2011. Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: ASPIKOM.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i2.8186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ginanti Rachma Putri, Catur Sunu Wijayanto, Fitria Iswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.