Representasi Budaya Digital Pada Iklan Televisi ”HiLo Teen”

Ginanti Rachma Putri, Catur Sunu Wijayanto, Fitria Iswari

Abstract


Iklan televisi Hilo: Tumbuh tuh keatas gak kesamping adalah Tagline yang melekat pada iklan televisi susu Hilo. Susu Hilo memangidentik sebagai susu penumbuh tinggi badan. Hilo merupakan produk merek Susu yang diproduksi oleh Perusahaan Nutrifood Indonesia yang diduga memiliki arti high yang berarti high kalsium dan low yang berarti lowfat. Merek Hilo sendiri dirilis pada tahun 2004 dan merek Hilo mengutamakan tinggi kalsium dan rendah lemak. Varian Susu Hilo yang disebutkan diatas tadi, disuplementasikan dengan komposisi Kondroitin dan Glukosamin dan dipasarkan dalam bentuk susu bubuk. Artikel ini akanmembahas lebih spesifik mengenai Hilo-Teen, dimana produk Hilo-Teen memiliki citra yang kuat terhadap citra tubuh dan ekspetasi orang lain terhadap susu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan citra yang dibangun oleh produk susu Hilo dalam iklan televisi yang dapat menarik minat para konsumen agar dapat memiliki tubuh yang tinggi setelah mengkonsumsi susu Hilo-Teen tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis semiotika agar peneliti dapat mendepskripsikan dengan jelas tanda-tanda yang ada dalam iklan Hilo. Tujuan metode ini untuk memberikan persepsi melalui tanda seperti gambar dan bersifat deskriftif menjelaskan melalui kata – kata yang akan menimbulkan persepsi karena adanya citra yang dibentuk terhadap iklan televisi ini.

 


Keywords


Representasi budaya Digital; Iklan televisi; Hilo Teen

References


Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra

Fitrisari , R. (2018). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklan Susu Hilo Di Televisi

Dengan Body Image Pada Remaja Akhir. Yogyakarta (ID) : Universitas Mercu Buana

Heppy,Endang. (2017). REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA IKLAN (Tinjauan Semiotika Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain. 4(3), 212-230

Iskandar , M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Bandung (ID)

Universitas Telkom

Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Penerbit Grafiti.

Megawati, E. (2017). Representasi Gender Dalam Iklan : Study Stereotyping Pada Iklan

Susu Hilo Remaja. Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi

Sofiandy, D. A. (2018). Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Film Animasi

Super Neli Bandung Tahun 2018. Bandung (ID) : Universitas Telkom

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual . Yogyakarta (ID) : Jalasutra.

Utari, Prahastiwi. 2011. Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: ASPIKOM.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i2.8186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ginanti Rachma Putri, Catur Sunu Wijayanto, Fitria Iswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.