Analisa Tema Cerita Psychological Horror Berdasarkan Teori Elemen Komik dari Webtoon Indonesia

Syafiah Syafri, Banung Grahita

Abstract


Industri kreatif Indonesia memiliki berbagai macam bentuk, seperti Film, Animasi, komik, dsb. Salah satu contoh Industri kreatif Indonesia adalah Komik Web. Dalam Komik Web tentu dibituhkan sebuah proses perancangan karakter dan narasi komik. Dari berbagai kategori di industri web komik di dalam website Webtoon, tak banyak yang mengangat tema Horror maupun Psychological Horror. Genre horor adalah salah satu genre yang paling diminati di Indonesia. Dengan perkembangan teknologi, saat ini genre horor tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk film, tetapi juga komik, dan bentuk terbaru dari komik yaitu webcomic. Tak Jarang industri kreatif Indonesia hanya ingin mengambil jalan pintas melalui kategori-kategori tersebut agar dapat menarik Khalayak, seperti konten Horror berbau Psychological. Indonesia tidak terlalu paham tentang kesehatan mental. Kerap mereka mengabaikan bahkan menyiksa korban gangguan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membandingkan beberapa Webtoon Indonesia dengan tema Psychological Horror dalam menceritakan hal-hal yang berbau horror dan psikologis, serta struktur-struktur komiknya. Metode yang dipakai adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan Teknik struktur cerita dan elemen-elemen komik, dan dapat memperlihatkan tema ini kepada banyak pembaca.


Keywords


Komik; Webtoon; Psychological Horror; Elemen Komik.

References


Anggie, P., & Alvanov, Z. M. (2015). Perancangan Webcomic Interaktif.

Lestari, A. F. (2020). LINE WEBTOON SEBAGAI INDUSTRI KOMIK DIGITAL. http://jurnal.utu.ac.id/jsource

Mawla Fatha, B., & Mansoor, A. Z. (2020). Analisis Identitas Komik Horor Indonesia pada Platform Webtoon Periode 2016 - 2020. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(3), 184–200. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i3.27

Morgan, S., & Dennehy, R. F. (1997). The power of organizational storytelling: a management development perspective. Journal of Management Development, 16(7), 494–501. https://doi.org/10.1108/02621719710169585

Rose Hamlyn, C. (2017). Getting To Know Graphic Novels.

Rusdiarti, S. R. (2015). Film Horor Indonesia: Dinamika Genre.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i2.6990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syafiah Syafri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.