Eksperimen Penciptaan Poster Berbahan Lingkungan

Haga Neguita Gintings

Abstract


Pencemaran sampah terutama di tanah dan air dapat menyebabkan sampah-sampah yang sangat sulit terurai dan di proses oleh alam seperti sampah plastik, sampah logam dan sebagainya. Hal ini menjadi masalah besar jika masyarakat tidak dapat mengelola sampah dengan baik, apalagi jika sampah dibuang sembarangan tentu akibatnya akan menjadi fatal bagi lingkungan sekitar.Penulis memilih poster dengan tema lingkungan karena hal ini sejalan dengan tujuan penulis yang ingin menyampaikan pesan untuk selalu melestarikan lingkungan dengan mengolah dan atau mendaur ulang limbah menjadi benda yang bermanfaat melalui media poster sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat. Selain itu penulis berharap hasil karya poster yang terbuat dari bahan limbah ini dapat mengedukasi masyarakat dalam hal pemanfaatan limbah yang dapat menghasilkan karya seni bernilai jual, juga dapat mengedukasi masyarakat agar sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan dan bahaya dari membuang sampah sembarangan.Penciptaan lukisan ini mengangkat tema yang mengungkapkan masalah sampah dalam kehidupan manusia sehari-hari. Proses visualisasi lukisan dimulai dengan tahap sketsa (sket global), dimana sket dilakukan dengan menggunakan pensil secara langsung di atas kertas. Penciptaan karya seni poster ini menggunakan metode penciptaan. Proses penciptaan karya seni ini dapat dilakukan secara intuitif, tetapi dapat pula ditempuh melalui metode ilmiah yang direncanakan secara seksama, analitis, dan sistematis.


Keywords


Eksperimen; Poster; Limbah; Lingkungan

References


Gustami, SP. (2007). Butir-butir Mutiara Estetika Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia.Yogyakarta: Prasista.

Kusmiati R, Artini. (1999). Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Universitas Tadulako Palu: UPT Perpustakaan Tadulako Palu.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Lowry, Bates. (1966). The Visual Experience, And Introduction to Art. Prentince Hall, INC and Harry N. Abraham INC. New York.

Gogor Bangsa, P. (2016). Desain Grafis – Sebuah Sejarah Singkat. UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta 2016.

Rustan, Surianto. (2010). Huruf Font Tipografi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Santosa, Sigit. (2002). Advertising Guide Book. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.6585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Haga Neguita Gintings

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.