Kajian Desain Media Promosi Sebagai Strategi Pemasaran Di Smk Setia Negara Depok

Hafiz Fauzi, Winny Gunarti Wardani, Iis Purnengsih

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Makna Desain Media Promosi  Sebagai Strategi Pemasaran Di SMK Setia Negara. Penelitian ini dimaksud untuk melihat makna visual video promosi yang menayangkan seluruh kegiatan serta sarana dan prasarana yang ada di SMK Setia Negara. Karena itu metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian semiotika Roland Barthes. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini sebuah artikel ilmiah yang berjudul “Kajian Desain Media Promosi Sebagai Strategi Pemasaran di SMK Setia Negara” yang rencananya akan di terbitkan pada tahun 2022. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk memenuhi target dalam penerimaan peserta didik baru dengan melihat stategi promosi yang dilakukan oleh sekolah tersebut melalui video promosi. Diharapkan penelitian ini juga  menjadi kajian pembelajaran mengenai bagaimana isi video promosi yang sesuai untuk ditampilkan dalam video promosi SMK Setia Negara terhadap realita sosial.

Keywords


Media Promosi; Video; Roland Barthes.

References


Amaral, Antonio CA. (2019). Budaya Indonesia Dalam Video Klip Coldplay “Amazing Day”(Analisis Semiotika Roland Barthes). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 8.1;163-166.

Alma, B. (2006). Media Promosi. 179. http://digilib.unimed.ac.id/3255/4/4-061188410009%20Bab%20I.pdf

D.I. Desrianti, Sudaryono, D.A. Ningrum, “Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Bookstore”, Jurnal CCIT Vol. 7 No. 3. Tangerang:STMIK Raharja, 2014.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1993. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gora, R. (2016). Representasi Perempuan Dalam Iklan Televisi (Studi Analisis Semiotika Iklan Beng-Beng Versi “Great Value”). Jurnal Universitas Bunda Mulia, 165.

Johari. (2014). 8 penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 8–15. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/article/view/3731

Kodri, M.A. (2016). Representasi Maskulinitas Boyband Shinee Dalam Video Klip Ring DingDong Melalui Ananlisis Semiotika. Jurnal Society Universitas Bangka Belitung, 54

Kotler, Phip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga Jakarta

Merkel, A. (2014). Speech by Federal Chancellor Angela Merkel to the OECD Conference. ttps://www.bundesregierung.de/Content/EN/Reden/ 2014/2014-02-19-oecd-merkel-paris_en.html, Diakses pada 11 Maret 2017

Prasetyo, Dwi dan Denny Indrayana Setyadi. 2017. Perancangan Film Pendek Dengan Pendekatan Storytelling Sebagai Media Promosi Pulau Bawean. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Sains dan Seni ITS. ISSN: 2337-3520. Vol.6 No.1 : 59.

Rao, Manchanahalli Satyaranayana. Soft skills-enhancing employability: connecting campus with corporate. IK International Pvt Ltd, 2010.

Rao, M.S. 2010. Soft Skill Enhancing Employability: Connecting Campus With Corporate. New Delhi India: International Publishing House.

S. Nugroho, “Teknik Dasar Videografi”, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Suyanto, Muhammad. Marketing strategy top brand Indonesia. Penerbit Andi, 2007.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Taylor, Dena dan Margaret Procter. 2010. “The Literature Review: A Few Tips on Conducting It” dimuat dalam laman University Toronto Writing Center. ctl.utsc.utoronto.ca/twc/sites/default/files/LitReview.pdf

Utami, S. P., & Nuryatmojo, D. L. (2016). Pelatihan Presentasi Ilmiah untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Kompetensi Ilmiah Bagi Anggota Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di Kota Semarang. Jurnal SEMAR, Vol. 5(1): 83-91.

Wahyuningratna, Ratu Nadya, and Irpan Ripa'I. Sutowo. (2020). Representasi Harapan dan Hopelessness dalam Video Clip BTS Interlude: Shadow (Kajian Semiotika Roland Barthes)." EKSPRESI DAN PERSEPSI: JURNAL ILMU KOMUNIKASI 3.2; 88-97.

Wirianto, R. dan Girsang, L.R.M. 2016. Representasi Rasisme pada Film “12 Years A Slave” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jakarta.

Wulandari, Ria. Achmad Rachmat. Bobby Aditya Nugraha. 2018. PROMOSI DAN INFORMASI PADA MEDIA VIDEO PROFILE SMA MANDIRI BALARAJA. Jurnal CCIT Vol.4 No.2. Tangerang: STMIK Raharja.

Yuliastatanti, Rilla Hari, R. Rizal Isnanto, and Achmad Hidayatno. Pembuatan Citra Objek Dengan Menggunakan Pemrograman Fraktal. Diss. Jurusan Teknik Elektro Fakultas teknik Undip, 2011.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i3.6303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hafiz Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.