Buku Foto Desa Mojolaban sebagai Sentra Pengrajin Kain Pantai di Kabupaten Sukoharjo

Muhammad Rifqi Rinaldi, Dian Handayani, Wulandari Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk merancang buku foto Desa Mojolaban sebagai sentra pengrajin kain pantai di Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fakta atau bukti-bukti di lapangan. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data atau informasi yaitu berasal dari studi kepustakaan, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian yang dikumpulkan adalah bahwa di Kabupaten Sukoharjo tepatnya di Desa Mojolaban sebagai tempat pengrajin kain pantai. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dirancang sebuah media informasi berupa buku foto. Buku foto adalah salah satu media yang efektif karena terdiri dari foto yang menggambarkan proses pembuatan dan berbagai motif dari kain pantai yang dibuat di Desa Mojolaban. Buku foto juga dirancang untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang menyukai travelling, yang pada berminat untuk menjadi investor, serta menjadikan Desa Mojolaban sebagai tempat wisata, yang akhirnya membuat masyarakat untuk lebih mencintai warisan nusantara. Untuk konsep visual yang digunakan hanya berupa foto yang menggambarkan elemen-elemen ilustrasi. Selain itu, jenis huruf yang dipakai sebagai judul ataupun subjudul juga memakai huruf tegas. Dibuatnya buku foto ini adalah untuk memberi informasi kepada masyarakat luas mengenai cara proses pembuatan kain pantai dan manfaatnya bagi masyarakat luas.


Keywords


Desa Mojolaban; Kain Pantai; Kabupaten Sukoharjo

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak Publishing.

Colberg, J. (2017). Under standing photo book the form content of the photographiv book. United State: Rockport Publishers.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah. (2021). Sistem informasi dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman Provinsi Jawa Tengah, Semarang: Disperakim Jateng

Enrieco, E., & Herry, H. (2019). Analisis human interest pada pameran foto karya mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa UBSI. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da'wah, 3(1), 214-225.

Gunawan, A. P. (2013) Mendalami dasar-dasar dalam pengambilan pose pada pemotretan model. Humaniora. Vol.4 No.1.

Handayani. (2010). Kain jumputan. Institut Seni Nusantara, Surakarta.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Samara, T. (2017). Making and breaking the grid. United States: Rockport Publisher.

Rachman, M. (2019). Home industry sarung pantai mojolaban sukoharjo dalam fotografi dokumenter (Skripsi). Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Tinarbuko, S. (2014). Dekave : Desain komunikasi visual. Yogyakarta: Caps 2015.

Trans7 Official You Tube Chennel. (2019). Begini Proses Pembuatan Kain Pantai Mojolaban | Tau Gak Sih. Diakses pada 17 Desember 2021.

Wardani, W. G. W., Wulandari, W., & Syahid, S. (2019). Presentasi ruang arkeologi situs gunung padang melalui visualisasi batu penanda untuk buku foto. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 394–401. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.689

Wijaya, T. (2016). Photo story handbook. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zulaikhah, S. (2010). Perancangan motif tekstil dengan cara ikat celup untuk scraf (Tesis). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i2.6259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Rifqi Rinaldi, Dian Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.