Eksplorasi Eco Dye pada Tekstil dengan Pemanfaatan Limbah Kulit Ceri Kopi

Vidya Kharishma, Ulfa Septiana

Abstract


Tanaman kopi adalah komoditas andalan petani Indonesia dan memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Biji ceri kopi adalah bagian tanaman kopi yang memiliki nilai komersial, sementara bagian kulit ceri kopi yang terdiri dari 45-45% proporsi buah menjadi limbah. Limbah dengan skala besar ini dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Salah satu alternatif solusi dalam praktis zero waste pada komoditas kopi adalah pemanfaatan limbah kulit ceri kopi sebagai pewarna alam dengan teknik eco dye. Solusi ini dapat mengubah limbah kulit kopi menjadi produk dengan nilai jual tinggi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan limbah kulit kopi sebagai pewarna alami pada tekstil. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan analisis deskriptif kualitatif. Limbah kulit ceri kopi arabika dan robusta akan diuji melalui teknik eco dye dengan beberapa perlakuan pada benang tekstil untuk melihat hasil pewarna alami dari limbah tersebut. Hasil eksperimen menunjukkan limbah kulit kopi sukses dijadikan pewarna alami yang mampu menghasilkan beberapa warna tan dan kecokelatan. Karena itu, hasil penelitian ini dapat memberikan alternatif praktis closing the loop bagi industri yang bergerak pada komoditas kopi sehingga dapat membangun industri yang berkelanjutan (sustainable) dan alternatif penggunaan warna alami yang ramah lingkungan


Keywords


Limbah kulit ceri kopi; eco dye; sustainable design; zero waste; tekstil

References


Barendregt, B., & Jaffe, R. (2014). The global rice of eco-chic: Green consumption. London: Bloomsbury Publishing Plc.

International Coffe Organization [ICO]. (2017). Annual review 2015−2016 pada International Coffe Organization. London (UK): International Coffe Organization.

Juwita, A., Mustafa, A., & Tamrin, R. (2017). Studi pemanfaatan kulit kopi arabika (Coffe Arabica L.) sebagai mikro organisme lokal (MOL). Agrointek, 11 (1), 1–8.

Novita, E., Fathurrohman, A., & Pradana, H. A. (2018). Pemanfaatan kompos blok limbah kulit kopi sebagai media tanam. AGROTEK: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 2(2), 61-72.

Putri, N. D., Hastuti, E. D., & Hastuti, R. B. (2017). Pengaruh pemberian limbah kopi terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.). Jurnal Akademika Biologi, 6(4), 41-50.

Khalil, M. (2016). Pengaruh Pemberian limbah kulit kopi (Coffea sp.) amoniasi sebagai pakan alternatif terhadap pertambahan bobot ayam broiler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1).

Kusumawati, A. (2018). Ekstraksi zat pewarna tekstil alami dari kulit buah alpukat (Perceaamericana Mill). Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahardjo, P. (2012). Kopi. Cibubur: Penebar Swadaya Grup.

Simanihuruk, K., & Sirait, J. (2010). Silase kulit buah kopi sebagai pakan dasar pada kambing boerka sedang tumbuh. In Seminar nasional teknologi peternakan dan veteriner (pp. 557-566).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunberg, I. (2014). The color thesaurus. Artikel Online. The Color Thesaurus. https://ingridsnotes.wordpress.com/2014/02/04/the-color-thesaurus/




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i2.6168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vidya Kharishma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.