Karakter Gajah Mada: Simbol Kejayaan Majapahit

Ni'mah Alpiyah, Iis Purnengsih

Abstract


Kerajaan Majapahit merupakan sebuah kerajaan tertua di Indonesia, Berdiri tepatnya di daerah Tarik, Sidoarjdo Jawa Timur. Berjayanya Kerajaan Majapahit yaitu pada masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk, berkat  jasa Mahapatih Gajah Mada dalam  sumpahnya yang terkenal dengan sumpah Palapa. Karena itu Mahapatih Gajah Mada adalah tokoh sejarah Kerajaan Majapahit yang memiliki pengaruh besar dalam memperluas kekuatan Kerajaan Majapahit. Gagasannya yaitu menyatukan wilayah – wilayah di Nusantara. Artikel ini akan membahas perancangan visual karakter Gajah Mada dalam film animasi “Kejayaan Majapahit” dengan tujuan untuk mengetahui karakter visual Gajah Mada sebagai Mahapatih yang berpengaruh di Kerajaan Majapahit. Analisis visual artikel ini menggunakan analisis Kualitiatif, sehingga dengan analisis ini dapat diketahui karakter visual Gajah Mada sesungguhnya. Dan film animasi dibuat sebagai media mendukung agar karakter visual Gajah Mada lebih menarik perhatian khususnya audience yaitu remaja.


Keywords


Visual Karakter; Keajayaan Majapahit; Gajah Mada

References


Adji, K. B. (2013). Majapahit: menguak Majapahit berdasarkan fakta sejarah. Yogyakarta: Araska.

Masmada, R. (2003). Gajah Mada sang pemersatu bangsa. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Munandar, A. (2008). Ibu Kota Majapahit masa kejayaan dan pencapaian. Jakarta: Komunitas Bambu.

Nurhayati, E. (2018). Gajah Mada sistem politik dan kepemimpinan, Yogyakarta: Narasi.

Pratama, D., Wardani, W. G. W., & Akbar, T. (2017). Designing visual character of Raden Wijaya as historical figure in visual novel. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(11), 207-210.

Pratama, D., Wardani, W. G. W., & Akbar, T. (2018). Designing visual elements of characters of Gajah Mada and Tribhuwana Tunggadewi as representation of historical figures in visual novel. Humanus, 17(01), 84-96.

Susilo, A., & Sofiarini. (2018). Gajah Mada sang mahapatih pemersatu nusantara di bawah Majapahit tahun 1336-1359. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humanoira (KAGANGA), 1 (1), 66-68.

Syahfitri, Y. (2011). Teknik film animasi dalam dunia komputer. Jurnal SAINTIKOM, 10(3), 213-217.

Thomas, F., & Johnston, O. (1981). The illusion of life: Disney animation. United State: Abbeville Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i02.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ni'mah Alpiyah, Iis Purnengsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.