Implementasi Warna pada Sampul Buku Cerita Bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang

Nurdini Nurdini, Winny Gunarti widya Wardani, Febrianto Saptodewo

Abstract


Legenda Ciujung dan Ciberang dapat dirancang dalam media buku cerita bergambar yang nantinya dapat dibaca oleh anak-anak. Untuk menarik minat anak-anak pada buku cerita bergambar, diperlukannya sampul buku dengan pemilihan warna yang sesuai untuk anak-anak. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan warna pada sampul buku cerita bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pengetahuan dalam implementasi warna pada sampul buku cerita bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi warna atau kelompok warna. Data-data yang didapat dari hasil pencarian dan pengumpulan studi literatur berupa buku-buku, skripsi, naskah arsip, wawancara dan observasi atau pengamatan langsung ke toko buku. Hasil yang didapat untuk implementasi warna sampul pada buku cerita bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang lebih banyak memakai warna dominan yakni warna hijau, warna cokelat dan warna putih. Dimana warna-warna tersebut sesuai dengan setting atau latar cerita yang mengkondisikan daerah yang penuh dengan hutan bambu.

Keywords


Sampul; Warna; Legenda; Ciujung; Ciberang

References


Ali, N. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Anggraini, S.L. & Nathalia, K. (2016). Desain Komunikasi Visual, Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Buya, R.M. & Noormansyah, R. (1993). Legenda Dari Jawa Barat Ciujung & Ciberang. Jakarta: Pionir Jaya.

Hartoko, A. (2010). Jadi Desainer Andal Dengan Coreldraw. Yogyakarta: Penerbit Multico.

Nurul, M. (2017). Pengembangan Buku Panduan Menggambar Dan Mewarnai Ragam Hias Dengan Teknik Gradasi Pada Siswa Kelas V SDN Kajar 01 Pati. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Purbaya, J.R. (1994). Legenda dari Jawa Barat, Asal Muasal Rangkasbitung. Bandung: CV Pionir Jaya.

Santoyo, E.S. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Sahar, S., & Rohita, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode Eksperimen Di Kelompok Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT FLAMBOYAN RW. II. PAUD. Teratai, 3(3), 1-6.

Sidhartani, S. (2015). Elemen Visual Dan Prinsip Desain Sebagai Bahasa Visual Untuk Menyampaikan Rasa, Studi Kasus: Aplikasi Elemen Visual dan Prinsip Desain pada Karya Nirmana Dwimatra. Deiksis, 2(02), 82-95.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurdini Nurdini, Winny Gunarti widya Wardani, Febrianto Saptodewo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.