Platform Visualisasi 3d Imersif Untuk Pelestarian Berkelanjutan Warisan Budaya Di Kalimantan Timur

Eko Agung Syaputra, Ramadhan Paninggalih, Hesti Rosita Dwi Putri, Novianti Rossalina

Abstract


Perkembangan teknologi imersif telah mengubah cara pelestarian dan diseminasi warisan budaya, memungkinkan museum menghadirkan pengalaman interaktif dan personal di luar batas ruang dan waktu. Penelitian ini memperkenalkan serta mengevaluasi Lamiang Nusantara, sebuah platform visualisasi 3D imersif yang dirancang untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya Kalimantan Timur melalui representasi digital yang dinamis. Dengan menggunakan metode design sprint yang mengintegrasikan prototyping iteratif dan keterlibatan pemangku kepentingan, penelitian ini berfokus pada peningkatan akurasi render, responsivitas sistem, dan interaktivitas pengguna. Uji kinerja komparatif menunjukkan bahwa Luma AI memberikan fidelitas visual tertinggi dengan nilai RMS serendah 0,00063, jauh lebih unggul dibandingkan Polycam (0,01275) dan LiDAR (0,05245). Meskipun LiDAR kurang sesuai untuk digitalisasi artefak detail karena tingkat error yang tinggi (CMDM 0,378595), metode ini tetap efektif untuk pemetaan ruang berskala besar. Sementara itu, Polycam menawarkan keseimbangan optimal antara kualitas dan aksesibilitas sehingga praktis untuk digitalisasi massal. Evaluasi pengguna menghasilkan skor rata-rata 2,317 pada kategori “sangat setuju”, yang menegaskan bahwa visualisasi 3D imersif mampu meningkatkan pemahaman artefak budaya sekaligus kesadaran terhadap pelestarian warisan budaya. Hasil ini menegaskan signifikansi ilmiah dan praktis teknologi imersif dalam memperluas akses publik serta mendorong pelestarian budaya berkelanjutan di Kalimantan Timur.


Keywords


Kalimantan Timur, pelestarian digital, teknologi 3D; visualisasi imersif; warisan budaya

References


Apriani, F., Irawan, B., Fatmala, A. N. P., Saputri, A. S., & Jannah, R. (2025). Upaya Pemajuan Kebudayaan Kalimantan Timur Oleh Pemerintah Daerah dan Pelaku Pemajuan Kebudayaan Lainnya. Jurnal Impresi Indonesia, 4(5), 1615-1630.

Baskoro, D. B., Kusuma, W. T., & Anshori, M. (2025). PERANCANGAN VIRTUAL REALITY RESEARCH EXPO MENGGUNAKAN DESIGN SPRINT UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PENGGUNA. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 9(1), 260-268.

Fajareno, V. P. (2024). Perancangan Prototype Menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus: Inkubator Bisnis Dan Teknologi) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Fajareno, V. P. (2025). Pengembangan Prototype Menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus: Inkubator Bisnis Dan Teknologi). Jurnal Repositor, 7(1).

Hasanah, E. L., Majdina, A. N., & Enzelluthfiyah, L. (2025). Heritage yang Terlupakan Analisis Tantangan Museum Warisan Budaya di Era Museum Interaktif dan Digital. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 31(1), 42-56.

Lunghi, I., Vannini, E., Dal Fovo, A., Di Sarno, V., Rocco, A., & Fontana, R. (2024). A Performance Comparison of 3D Survey Instruments for Their Application in the Cultural Heritage Field. Sensors, 24(12), 3876.

Masnadi, I., Rosman, D., Levyta, F., & Adiati, M. P. (2023, July). Evaluating the Visitor Satisfaction on Cultural Heritage Digital Museum in Google Arts and Culture: A Study of Puppet Museum Jakarta. In 2023 International Conference on Digital Applications, Transformation & Economy (ICDATE) (pp. 1-4). IEEE.

NABILLAH, S., SUMITRA, N. R., & ROHIMAH, I. (2024). Revolusi Teknologi: Implementasi Museum Teknologi dalam Menciptakan Pariwisata Interaktif di Era Society 5.0. PETA-Jurnal Pesona Pariwisata, 3(1), 26-32.

Ningsih, K. A. (2023). Representasi Perempuan dalam Tata Kelola Dewan Kesenian Daerah Kalimantan Timur (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Quan, F., Liu, P., Jiang, W., & Gao, Y. (2024). Visiting experience of digital museum interior design based on virtual reality and sensor networks. Measurement: Sensors, 33, 101232.

Rodriguez-Garcia, B., Guillen-Sanz, H., Checa, D., & Bustillo, A. (2024). A systematic review of virtual 3D reconstructions of Cultural Heritage in immersive Virtual Reality. Multimedia Tools and Applications, 83(42), 89743-89793.

Schaefer, C., Sotubadi, S. V., Kootbally, Z., Schlenoff, C., & Nguyen, V. (2025). Design and Validation of Edge Case Test Artifact for Evaluation of Automated Driving LiDAR and Radar Sensors. Journal of Testing and Evaluation, 53(4).

Skublewska-Paszkowska, M., Milosz, M., Powroznik, P., & Lukasik, E. (2022). 3D technologies for intangible cultural heritage preservation—literature review for selected databases. Heritage Science, 10(1), 3.

Sooai, A. G., Nugroho, A., Al Azam, M. N., Sumpeno, S., & Purnomo, M. H. (2017, December). Virtual artifact: Enhancing museum exhibit using 3D virtual reality. In 2017 TRON Symposium (TRONSHOW) (pp. 1-5). IEEE.

Syaputra, E. A., Mujahidin, S., Sartika, W., & Rossalina, N. (2023). Integration of 3D Scanning and Augmented Reality (AR) Technology in East Kalimantan Furniture Products in E-Commerce. VCD, 8(2).

Wu, Y., Wang, Y., Zhang, S., & Ogai, H. (2020). Deep 3D object detection networks using LiDAR data: A review. IEEE Sensors Journal, 21(2), 1152-1171.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v8i1.16016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eko Agung Syaputra, Ramadhan Paninggalih, Hesti Rosita Dwi Putri, Novianti Rossalina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi DesainKomunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 781871878835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.