Fotografi Konseptual Sebagai Media Ilustrasi Dalam Promosi Album Di Media Sosial Oleh Group Musik Zerra
Abstract
Penelitian membahas tentang peran fotografi konseptual sebagai media ilustrasi visual dalam strategi promosi album musik oleh grup musik independen ZERRA. Fotografi konseptual, yang menekankan pada penyampaian ide dan makna simbolis melalui elemen visual, dinilai mampu memperkuat identitas artistik serta menyampaikan pesan naratif dari sebuah karya musik secara visual. Dalam konteks promosi album, pendekatan ini menjadi alternatif yang kuat untuk menarik perhatian audiens, membangun citra band, serta memperkuat keterikatan emosional dengan pendengar melalui representasi visual yang mendalam. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan, dan data dikumpulkan dengan mewawancarai anggota band "ZERRA" dan menganalisis secara visual foto-foto yang mereka gunakan untuk mempromosikan rekaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fotografi konseptual mampu merepresentasikan tema lagu dan suasana album secara efektif, meningkatkan estetika materi promosi, serta memberikan nilai tambah dalam membedakan identitas ZERRA di tengah kompetisi industri musik digital. Dengan demikian, fotografi tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap visual, tetapi juga sebagai elemen naratif yang integral dalam komunikasi promosi musik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amala, M. (2016). Penciptaan Fotografi Surealisme Human and Time. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 12.
Soedarso, S. P. (2000). Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Yogyakarta: Studio Delapan Puluh Enterprise, Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Soedjono, S. (2006). Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Susanto, M. (2011). Diksi Rupa: Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa. DictiArt Lab.
Paramithasari, G. (2017). Representasi Bunga Dalam Fotografi Ekspresi. Specta: Journal of Photography, Arts, and Media.
Sudarma, I. K. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syafriyandi. (2016). Sensasi Color Splash Dalam Karya Fotografi Ekspresi. Invensi, 1(2).
Karyadi, Bambang. 2015. Dasar Fotografi Digital 2. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Kobre, K. (2004). Photojournalism: The Professionals Approach. New York. Elsevier Focal Press.
Sutoyo, A. (2018). Analisis Foto Jurnalistik Karya Kemal Jufri Bencana Gunung Merapi. Palembang.
Wibowo M. Antonius. 2024. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta. Gitanyali.
Widiyatmoko. Destira. 2016. 101 Tips dan trik Dunia Fotografi dan Digital. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Mulyanta, Edi S. 2007.Teknik Modern Fotografi Digital. ANDI. Yogyakarta.
Sugiarto, A. (2005). Paparazzi: Memahami Fotografi Kewartawanan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.14091
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ida susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






