Redesain Logo Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Perusahaan PT.Ladur Lintas Persada
Abstract
Redesain logo perusahaan menjadi langkah strategis dalam memperkuat identitas PT Ladur Lintas Persada, khususnya dalam menghadapi dinamika industri 4.0. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui metode Design Thinking, yang mencakup wawancara, observasi, analisis SWOT, dan segmentasi pasar. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang logo yang modern, fleksibel, dan mencerminkan nilai-nilai inti perusahaan, yaitu "Keeping Trust & Working with Heart." Tahapan desain melibatkan eksplorasi Key Visual dan Key Word, pemilihan skema warna, hingga penerapan digital dalam berbagai media mockup. Hasil dari proses ini adalah logo baru yang menggambarkan inovasi, keandalan, dan profesionalisme perusahaan, sekaligus memperkuat daya saingnya di sektor logistik serta konsultasi ekspor-impor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembaruan logo mampu meningkatkan citra perusahaan sebagai mitra terpercaya bagi pelaku bisnis domestik maupun internasional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). KONSISTENSI LOGO DALAM MEMBANGUN SISTEM IDENTITAS. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10, 16. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28131
Chandra Adireja, S. (2024). ANALISIS PENINGKATAN BRAND AWARENESS TEKNIK INDUSTRI MENGGUNAKAN SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri Jurnal Taguchi, 4, 182194. https://doi.org/10.46306/tgc.v4i1
Darnianti, & Sinambela, Y. (2018). Desain Kursi Kuliah Dengan Metode Brainstorming Di Fakultas Teknik Universitas Quality Medan. Juitech, 02, 113. http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/Ojssystem/index.php/JUITECH/article/view/122/97
Desrianti, D. I., Santoso, S., & Adiputra, F. (2022). Redesign Corporate Identity Guna Peningkatan Image Perusahaan Pada PT Yugi Indonesia. CICES, 8(1), 8194. https://doi.org/10.33050/cices.v8i1.2132
Listya, A. (2018). KONSEP DAN PENGUNAAN WARNA DALAM INFOGRAFIS. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837
Marta, W. (2021). REDESAIN LOGO PADA PRODUK KOPI SAGO. https://repository.upnjatim.ac.id/2922/1/042%20-%20WIDIA%20MARTA%20%5B309-316%5D.pdf
Putri, P. A., & Fauziya, F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Segmentation, Target, Positioning (STP), dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Jas Hujan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10, 23262334. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2588
Rahma, L. I., & Utami, L. R. (2021). ANALISIS MAKNA DESAIN FONT JUDUL FILM DALAM POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Vol. 4, Nomor 1). https://jim.unindra.ac.id/index.php/vhdkv/article/view/1072/pdf
Rahmawati, A., Helvida Errendyar, R., Sholekhah, L. Z., & Rahayu, T. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi Tracking Permasalahan dan Perawatan Kulit My Skin. Dalam Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/2020/1574
Sayatman, Mardiono, B., & Noordyanto, N. (2021). Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi. Jurnal Desain IDEA, 20, 16. https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329/5859
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (cet 21). Alfabeta.
Sundara, G., Prakoso, G., Amarta, Z., Agung, A. S., Etruly, N., Kusumaningrum, N., Studi Desain Furnitur, P., Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Jl Wanamarta Raya No, P., & Industri Kendal, K. (2023). Implementasi Smart Furniture pada Desain Meja dan Kursi Taman. Journal of Industrial Engineering Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, 08, 1. https://doi.org/10.33022/jie.87i1.4135
Zebua, D., Putri Farida Zebua, D., Elhan Gea, N., & Natalia Mendrofa, R. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI MARKETING STRATEGY ANALYSIS IN INCREASING PRODUCT SALES IN CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI. 1299 Jurnal EMBA, 10, 12991307. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43982
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.13656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Missel Steffany Khan, Vidya Kharisma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.