Redesain Logo Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Perusahaan PT.Ladur Lintas Persada

Missel Steffany Khan, Vidya Kharisma

Abstract


Redesain logo perusahaan menjadi langkah strategis dalam memperkuat identitas PT Ladur Lintas Persada, khususnya dalam menghadapi dinamika industri 4.0. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui metode Design Thinking, yang mencakup wawancara, observasi, analisis SWOT, dan segmentasi pasar. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang logo yang modern, fleksibel, dan mencerminkan nilai-nilai inti perusahaan, yaitu "Keeping Trust & Working with Heart." Tahapan desain melibatkan eksplorasi Key Visual dan Key Word, pemilihan skema warna, hingga penerapan digital dalam berbagai media mockup. Hasil dari proses ini adalah logo baru yang menggambarkan inovasi, keandalan, dan profesionalisme perusahaan, sekaligus memperkuat daya saingnya di sektor logistik serta konsultasi ekspor-impor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembaruan logo mampu meningkatkan citra perusahaan sebagai mitra terpercaya bagi pelaku bisnis domestik maupun internasional.


Keywords


Redesain; Logo; Identitas Perusahaan, PT Ladur Lintas Persada

References


Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). KONSISTENSI LOGO DALAM MEMBANGUN SISTEM IDENTITAS. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10, 16. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28131

Chandra Adireja, S. (2024). ANALISIS PENINGKATAN BRAND AWARENESS TEKNIK INDUSTRI MENGGUNAKAN SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri Jurnal Taguchi, 4, 182194. https://doi.org/10.46306/tgc.v4i1

Darnianti, & Sinambela, Y. (2018). Desain Kursi Kuliah Dengan Metode Brainstorming Di Fakultas Teknik Universitas Quality Medan. Juitech, 02, 113. http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/Ojssystem/index.php/JUITECH/article/view/122/97

Desrianti, D. I., Santoso, S., & Adiputra, F. (2022). Redesign Corporate Identity Guna Peningkatan Image Perusahaan Pada PT Yugi Indonesia. CICES, 8(1), 8194. https://doi.org/10.33050/cices.v8i1.2132

Listya, A. (2018). KONSEP DAN PENGUNAAN WARNA DALAM INFOGRAFIS. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Marta, W. (2021). REDESAIN LOGO PADA PRODUK KOPI SAGO. https://repository.upnjatim.ac.id/2922/1/042%20-%20WIDIA%20MARTA%20%5B309-316%5D.pdf

Putri, P. A., & Fauziya, F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Segmentation, Target, Positioning (STP), dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Jas Hujan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10, 23262334. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2588

Rahma, L. I., & Utami, L. R. (2021). ANALISIS MAKNA DESAIN FONT JUDUL FILM DALAM POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Vol. 4, Nomor 1). https://jim.unindra.ac.id/index.php/vhdkv/article/view/1072/pdf

Rahmawati, A., Helvida Errendyar, R., Sholekhah, L. Z., & Rahayu, T. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi Tracking Permasalahan dan Perawatan Kulit My Skin. Dalam Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/2020/1574

Sayatman, Mardiono, B., & Noordyanto, N. (2021). Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi. Jurnal Desain IDEA, 20, 16. https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329/5859

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (cet 21). Alfabeta.

Sundara, G., Prakoso, G., Amarta, Z., Agung, A. S., Etruly, N., Kusumaningrum, N., Studi Desain Furnitur, P., Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Jl Wanamarta Raya No, P., & Industri Kendal, K. (2023). Implementasi Smart Furniture pada Desain Meja dan Kursi Taman. Journal of Industrial Engineering Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, 08, 1. https://doi.org/10.33022/jie.87i1.4135

Zebua, D., Putri Farida Zebua, D., Elhan Gea, N., & Natalia Mendrofa, R. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI MARKETING STRATEGY ANALYSIS IN INCREASING PRODUCT SALES IN CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI. 1299 Jurnal EMBA, 10, 12991307. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43982




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i3.13656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Missel Steffany Khan, Vidya Kharisma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.