Perancangan Digital Marketing Media Sosial Instagram Untuk Satus Kedai di Yogyakarta (RETRACTION)
Abstract
Satus Kedai merupakan kedai kopi yang baru berdiri di awal bulan Juni tahun 2024. Kafe ini terletak di Jalan Wahid Hasyim, berhimpitan antara gerai-gerai butik Outlet Biru dan Zahraa yang terkenal di Sleman, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Saat pendirian kafe ini, Satus Kedai belum memiliki Unique Selling Point dan brand statement yang tepat. Akibatnya, media promosi Instagram Satus Kedai masih belum mencapai reach dan engagement yang optimal. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness Satus Kedai, terutama di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harapannya, masyarakat dapat mengenali Satus Kedai dan followers Satus Kedai meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan berbagai pendekatan seperti 4P (Price, Product, Promotion, Place), Customer Research dan Competitor Research. Peneliti menggunakan metode Design Thinking untuk pembuatan desain Instagram. Hasilnya, meskipun reach dan engagement belum optimal, namun ada peningkatan followers di Instagram Satus Kedai.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
boyd, d. (2011). Social network sites as networked publics: Affordances, dynamics, and implications. dalam Z. Papacharissi (Ed.), A networked self. Identity, community, and culture on social network sites. Routledge.
Brown, T. (2008). Design Thinking. Harvard Business Review, Juni 2008.
Hasso Plattner Institute of Design at Stanford., (2010). An Introduction to Design Thinking: Process Guide. Diambil dari: https://web.stanford.edu/~mshanks/MichaelShanks/files/509554.pdf, 19 Juli 2024
Male, A. (2007). Illustration: A Theoretical & Contextual Perspective. AVA Publishing.
Mothersbaugh, D. L., Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. McGraw-Hill Education
Muhajir. (2024). Cuaca Ekstrem di Brasil dan Vietnam Bikin Harga Kopi Naik, Stok Menipis. Indonesiainside.id. Diambil dari: https://indonesiainside.id/ekonomi/2024/09/07/cuaca-ekstrem-di-brasil-dan-vietnam-bikin-harga-kopi-naik-stok-menipis, 19 Agustus 2024
Pandangan Jogja., (2023). Ada 3.000 Kedai Kopi di Seluruh Yogya, Terpadat di Indonesia. Kumparan. Diambil dari: https://kumparan.com/pandangan-jogja/ada-3-000-kedai-kopi-di-seluruh-yogya-terpadat-di-indonesia-1ympBAlgDYG/full, 17 Agustus 2024
Pramita, D.A., and Primasti, I.S. (2016). Hang out at the Coffee Shop as a Student Lifestyle in Coffee Mato Yogyakarta. E-Societas, 5(6), 1-12.
Rustan, S. (2014). LAYOUT, Dasar & Penerapannya. PT Gramedia Pustaka Utama
Tambunan, I., dkk. (2024). Sampai Kapan Harga Kopi Robusta Bertahan Tinggi?. Kompas.id. Diambil dari: https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/07/26/mengapa-harga-kopi-robusta-melambung, 19 Agustus 2024
Umam, K., (2024). Harga Kopi Naik Tinggi, Produsen Kopi Muria Justru Mengeluh, Kok Bisa?. Betanews.id. Diambil dari: https://betanews.id/2024/09/harga-kopi-naik-tinggi-produsen-kopi-muria-justru-mengeluh-kok-bisa.html, 19 Agustus 2024
We Are Social. (2024). Digital 2024. We Are Social. Diambil dari: https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/, 17 Agustus 2024
Yadav, P., dkk. (2014). Typography as a statement of Design. International Ergonomics Conference HWWE 2014.
Yudelson, J. (1999). Adapting McCarthy’s Four P’s for the Twenty-First Century. Journal of Marketing Education. 21(1), 60-67
DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.13228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Clara Victoria Padmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.