Pemodifikasian Desain Notasi Balok Ke Bahasa Isyarat Tangan (Sibi) Sebagai Metode Belajar Musik Anak Tunarungu

Bayu Gilang Ramadhan, SRI WULANDARI, Yudha Prihantanto

Abstract


 Keterbatasan fisik tidak mempengaruhi manusia dalam hidup untuk menikmati ataupun mempelajari segala hal dalam hidupnya. Seni musik dapat dikonsep sebagai salah satu metode untuk membangun karakteristik anak tunarungu dengan cara memodifikasian Notasi Balok sebagai Pembelajaran Pada Siswa Difable dengan keterbutuhan khusus tunarungu. Diawali oleh peneliti dengan temuan lapangan bahwa belum adanya metode pendukung siswa tunarungu untuk mendapatkan pembelajaran seni musik yang efektif, sehingga pada saat anak normal pada umumnya mempelajari musik dengan metode yang sudah ada anak tunarungu hanya melihat dengan keinginan yang besar agar anak tunarungu dapat mempelajari seni musik seperti siswa pada umumnya. Sebagai seseorang yang aktif di bidang pendidikan seni musik, peneliti sadar akan adanya pengembangan metode baru untuk menuntaskan kesetaraan manusia tanpa membedakan kekurangan satu dengan yang lain. Untuk itu peneliti ingin berkontribusi untuk mengembangkan sebuah metode dasar dengan memodifikasi notasi balok ke desain metode sibi bagi anak tunarungu. Notasi diatonis dikombinasikn dengan bahasa SIBI agar menjadi dasar metode siswa tunarungu dapat mempelajari musik dengan cara membaca bentuk notasi yang sudah dikonversikan kedalam bentuk bahasa SIBI. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penciptaan menggunakan teori Gustami. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penjelasan metode notsi balok yang sudah di kembangkan dengan simbol jemari membetuk pewujudan SIBI dalam teori musik yang terdiri dari 3 tahap yaitu: 1) tahap eksplorasi, 2) tahap desain, dan 3) tahap perwujudan. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan inspirasi dan motivasi bagi para pendidik maupun pegiat seni musik untuk terus mengembangkan dan berinovasi agar seni musik dapat dipelajari oleh semua kalangan.     

Keywords


Musik; Tunarungu; Notasi Balok; SIBI

References


Bonoe, pono. 2003. Pengantar Pengetahuan Harmoni.Yogjakarta: kasnius.

Bonoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Dwi, djosumarto, A, 1995, Ortopedagogik Anak Tunarungu, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bandung.

Iswanto, I., & Kawanggung, Y. (2021). Moko Symbolization As Socio-Religious Harmony of Alor Society in East Nusa Tenggara. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 6(02), 181–198. https://doi.org/10.18784/analisa.v6i02.1297

Gilang Ramadhan, Bayu & Wulandari, S. (2023). Hibriditas Dalam Musik Campursari: Kajian Estetika Musik. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya.

Melian, S, W., Irwan, I, H.,& Nugroho W, P, U.(2022). Desain Visual Permainan Balok “Kajeng Bisu” Dengan Budaya Jawa Untuk Edukasi Anak Tunarungu. Jurnal Desain. Vol. 21, No.1, Februari 2022, pISSN 1411-3023, eISSN 2580-0264

Kabnani, J., Salau, T., Iswanto, & Lakapu, L. A. S. (2022). Waditra Jungga Pada Masyarakat Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Tambur, 2(1), 1–12. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/tam/article/view/89/115

Somad, Permanarin dan Tati Hernawati. 1996. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v7i1.13220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bayu Gilang Ramadhan, SRI WULANDARI, Yudha Prihantanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.