Digital Lighting Innovation-Dupi Indonesia: Studi Pengaruh Estetika, Manajemen Wahana, Dan Framework Marketing Terhadap Apresiasi Seni Pengunjung

Hadi Alhail, Slamet Haryono

Abstract


Minimnya apresiasi terhadap karya seni visual di kota Medan menjadi urgensi dan tantangan yang dihadapi oleh para seniman. Penyelidikan terdahulu menemukan adanya pergeseran pada ketertarikan publik terhadap karya seni visual tradisional, kebutuhan publik sekarang adalah seni visual modern yang melibatkan peran teknologi, selain itu kurangnya integrasi antara seni dengan bisnis menyebabkan harga karya seni rendah dan beberapa kondisi tidak tersampaikan keruang publik. Strategi pemasaran dan efektifitas manajemen yang belum dioptimalkan, juga menjadi faktor yang menyebabkan karya seni kurang dikenal serta diapresiasi oleh publik dan fenomena tersebut terjadi tahun 2023. Berbeda dengan tahun 2024, karya seni di kota Medan telah memiliki pesona baru yang lebih modern dan terintegrasi dengan bisnis yaitu DUPI Indonesia yang berhasil viral dan menarik lebih dari 1.500 pengunjung pada acara soft opening. Penelitian bertujuan untuk menganalisis estetika, manajemen wahana, dan framework marketing serta pengaruhnya terhadap apresiasi seni dan kepuasan pengunjung. Metode kualitatif dengan kajian interdisiplin melalui pendekatan disiplin ilmu estetika, manajemen pertunjukan, dan bisnis. Desain penelitian menggunakan studi kasus eksploratif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teori estetika objektif, teori manajemen, teori marketing, dan teori kepuasan pelanggan, dengan langkah analisis model interaktif yang dimulai sejak data dikumpulkan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan DUPI Indonesia memiliki 6 wahana dengan tingkat estetika yang tinggi, secara fungsional dari manajemen pertunjukan wahana digital lighting DUPI Indonesia telah dapat menjalankan 4 fungsi manajemen yaitu POAC dengan efektif dan efisien. Framework marketing yang digunakan DUPI Indonesia adalah STEPPS. Pada aspek estetika, manajemen wahana, dan framework marketing memberikan pengaruh yang besar terhadap tingginya tingkat apresiasi masyarakat terhadap seni dan kepuasan pengunjung sesuai dengan target market.

Keywords


Apresiasi seni; estetika; manajemen; marketing

References


Alhail, Hadi., Wadiyo., Wibawanto, W. 2024. Study on the Scope of Management and Penta Helix Islamic Calligraphy Arts Education Sanggar Al-Baghdadi Medan. Gorga: Jurnal Seni Rupa, Vol. 13, No. 1.

Berger, J. 2013. Contagious: Why Things Catch On. USA: Simon & Schuster.

Creswell, Jhon. 2015. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative, 5th Edition. Pearson Education.

Ghony, M J., dkk. 2020. Analisis dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Ilhaq, Muhsin & Kurniawan, Irfan. Integrasi Pengetahuan Lokal dalam Pendidikan Seni Rupa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya, Vol 8, No. 2, 251-259.

Salam, Sofyan., Sukarman, B., Hasnawati., & Muhaemin, M. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Setiawan, Dimas., dkk. 2022. Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy pada CV. Pandawa Digital Media.

Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik sampai Kontemporer. Jakarta: Gang Kabel dan Indie Book Corner.

Tampanguma, I, K., dkk. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Journal Productivity, Vol. 3, No. 1.

Tiurma, G M., Nafsika, S S., & Undiana, N N. 2022. Analysis The Dept of Visual Aesthetic Value Furniture. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, Vol 2, No. 394-102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hadi Alhail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.