Hubungan Kemampuan Menciptakan Gelap Terang Dengan Kemampuan Menggambar Kubus Dalam Gambar Bentuk Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Medan

Nur Aini Hasan, Sugito Sugito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara kemampuan menciptakan gelap terang dengan kemampuan menggambar kubus yang signifikan dan seberapa besarkah pengaruh dari penggunaan teknik dusel terhadap kemampuan menggambar kubus serta hubungan antar faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menciptakan gelap terang dengan kemampuan menggambar kubus pada kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan, Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan Korelasional (Correlational Research) penelitian ini melibatkan satu kelas dan memakai 2 tes dari hasil penelitian diperoleh kenaikan yang signifikan dari hasil Postest dibandingkan dengan hasil Pretest. penggunaan Teknik Dusel mencapai keberhasilan 73% dan penggunaan teknik konvensional sebesar 72% hasil perhitungan (uji linerasi) di peroleh bahwa penelitian ini menggunakan tes menggambar kubus menunjukkan kemajuan pada gambar siswa kelas VII Terpadu 4 pada SMP Muhammadiyah sehingga Ho diterima Ha ditolak, artinya terdapat hubungan signifikan positif antara penilaian prestasi kerja dengan pengembangan individu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik dusel terhadap kemampuan menggambar kubus pada siswa kela VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan.

Keywords


Gelap Terang; Dusel; Menggambar Kubus; Gambar Bentuk.

References


Mesra., Azis, Adek Cerah Kurnia & Atmojo, Wahyu Tri. 2018. Gambar Bentuk. Medan: Unimed Press.

Nurhidayat, Dedi. 2004. Pendidikan Seni Rupa SMA Kelas 2 (K-04). Jakarta Barat: Grasindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sulastianto, Harry., dkk. 2006. Seni dan Budaya. Medan .PT Grafindo Media Pratama.

Purnengsih. (2018). Menggugah Kreativitas Seni Ibu-Ibu PKK melalui Seni Lukis pada Jilbab dalam Rangka Pelestarian Seni. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 No.3. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2626

Erlina & Kesuma, I.M. A. (2013). Membuat Media Mengajar Visual. Jakarta : Erlangga

Rustan, S. (2010). Layout dasar dan Penerapannya. Jakarta : gramedia Pustaka Utama.

Soetjiningsih, C.H (2012). Perkembangan Anak : Sejak

Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanan Akhir : Prenada

Suproyono. R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif, bandung : Vc Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i3.10777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Aini Hasan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.