Hubungan Kemampuan Menciptakan Gelap Terang Dengan Kemampuan Menggambar Kubus Dalam Gambar Bentuk Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Medan
Nur Aini Hasan, Sugito Sugito
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara kemampuan menciptakan gelap terang dengan kemampuan menggambar kubus yang signifikan dan seberapa besarkah pengaruh dari penggunaan teknik dusel terhadap kemampuan menggambar kubus serta hubungan antar faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menciptakan gelap terang dengan kemampuan menggambar kubus pada kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan, Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan Korelasional (Correlational Research) penelitian ini melibatkan satu kelas dan memakai 2 tes dari hasil penelitian diperoleh kenaikan yang signifikan dari hasil Postest dibandingkan dengan hasil Pretest. penggunaan Teknik Dusel mencapai keberhasilan 73% dan penggunaan teknik konvensional sebesar 72% hasil perhitungan (uji linerasi) di peroleh bahwa penelitian ini menggunakan tes menggambar kubus menunjukkan kemajuan pada gambar siswa kelas VII Terpadu 4 pada SMP Muhammadiyah sehingga Ho diterima Ha ditolak, artinya terdapat hubungan signifikan positif antara penilaian prestasi kerja dengan pengembangan individu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik dusel terhadap kemampuan menggambar kubus pada siswa kela VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan.
Keywords
Gelap Terang; Dusel; Menggambar Kubus; Gambar Bentuk.
Nurhidayat, Dedi. 2004. Pendidikan Seni Rupa SMA Kelas 2 (K-04). Jakarta Barat: Grasindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sulastianto, Harry., dkk. 2006. Seni dan Budaya. Medan .PT Grafindo Media Pratama.
Purnengsih. (2018). Menggugah Kreativitas Seni Ibu-Ibu PKK melalui Seni Lukis pada Jilbab dalam Rangka Pelestarian Seni. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 No.3. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2626
Erlina & Kesuma, I.M. A. (2013). Membuat Media Mengajar Visual. Jakarta : Erlangga
Rustan, S. (2010). Layout dasar dan Penerapannya. Jakarta : gramedia Pustaka Utama.
Soetjiningsih, C.H (2012). Perkembangan Anak : Sejak
Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanan Akhir : Prenada
Suproyono. R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif, bandung : Vc Alfabeta
Sekretariat Pengelola: Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071