Analisis Pengenalan Lagu Anak-anak secara Grafis atau Multimedia

Rahma Latifa, Tita Syavira, Iis Purnengsih

Abstract


Pada era modern ini hampir segala sesuatu sudah menggunakan teknologi digital, bahkan hampir semua kalangan menggunakan gadget. Seperti hal nya Youtube yang saat ini menjadi media berbagi video yang banyak diminati. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi pembelajaran yang saat ini sangat efektif untuk pengenalan lagu-lagu yaitu dengan pengenalan lagu anak-anak secara grafis atau multimedia yang dapat diakses melalui Youtube.  Lagu anak-anak dengan menggunakan grafis digital, tentu sangat efektif dalam pembelajaran, karena pendidikan karakter juga dapat disatukan dengan bernyanyi melalui syair atau lirik lagu. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan pengumpulan data dari beberapa artikel dan buku. Hasil penelitian penulis yaitu menjelaskan apa saja yang terkandung dalam video dan lirik secara grafis dan penulisan ini mendapatkan fakta bahwa lagu anak-anak yang divisualisasikan dengan grafis sangat diminati pada era sekarang ini.

 

 


Keywords


Lagu Anak-anak; Grafis; Multimedia

References


Arostiyani, D. (2013). Pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pendidikan karakter di taman kanak-kanak.

Diartono, D. A. (2013). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK XIII(2), 155–67.

Dosen Pendidikan 2. (2020). Karakter adalah. Diakses dari https://www.dosenpendidikan.co.id/karakter-adalah/

Dosen. (2019). Pengertian audio, macam-macam dan contohnya. Diakses dari https://www.dosentekno.com/teknologi/pengertian-audio-macam-macam-contohnya/

Dwiyanto, D. (2002). Metode kualitatif: Penerapannya dalam penelitian.

Jagad. (2020). Pengertian warna. Diakses dari https://jagad.id/pengertian-warna-macam-jenis-dan-kode-warna/

Mulyawa, R. (2019). Pengertian font. Diakses dari https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-font/

Purnama, B. E. (2012). Microsoft word-09 pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah organisasi komputer.doc.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.1066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 rahma latifa, Tita Syavira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.