Strategi Perancangan Kampanye Digital Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi di Kota Bandung

Destika Putri Hasna, Agung Eko Budiwaspada

Abstract


Kampanye digital menjadi salah satu strategi desain dalam upaya pemberdayaan perempuan rawan sosial ekonomi di Kota Bandung. Tujuan dari kampanye yang dirancang bertujuan untuk menarik perhatian, membangkitkan minat, memberikan informasi, dan mendorong masyarakat untuk terlibat aktif dalam memberdayakan perempuan yang berada dalam kondisi rawan ekonomi dan sosial. Penggunaan media digital sebagai media utama kampanye, dipilih dengan melihat tren perkembangan penggunaan media digital yang masif selama pandemi COVID-19. Pada penelitian ini, dasar perancangan kampanye menggunakan model kampanye Ostergaard sebagai landasan dasar ilmiah, karena paling relevan keilimiahannya dengan topik pemberdayaan perempuan rawan sosial ekonomi. Dalam kerangka Ostergaard, mempertimbangkan variabel yang relevan seperti pengetahuan, sikap, dan keahlian yang diharapkan mendorong perilaku yang diinginkan, yaitu kepedulian terhadap perempuan rawan sosial. Selanjutnya, dilakukan pendekatan analisis untuk mengevaluasi dampak kampanye terhadap perilaku masyarakat, dengan fokus pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan memicu perubahan positif menggunakan metode Attention, Interest, Search, Action, and Share (AISAS). Melalui integrasi model Ostergaard dan metode AISAS, perancangan kampanye digital ini menjadi suatu langkah inovatif yang memiliki dasar ilmiah yang kuat dan relevan dalam membangun kesadaran, empati, dan partisipasi aktif masyarakat untuk mendukung upaya pemberdayaan perempuan rawan sosial ekonomi di kota Bandung.

Keywords


Kampanye sosial; Model Ostergaard; Metode AISAS; Perempuan rawan sosial ekonomi

References


Artaya, I. P., & Purworusmiadi, T. (2019). Efektivitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya. http://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Retrieved from https://apjii.or.id/download_survei/2feb5ef7-3f51-487d-86dc-6b7abec2b171

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2023). Bandung dalam Angka 2023. Retrieved from https://bandungkota.bps.go.id/publication/2023/02/28/13fdfc9d27b1f2c450de2ed4/kota-bandung-dalam-angka-2023.html

Budiwaspada, A. E., & Mansoor, A. Z. (2020). Pemodelan Strategi Kampanye Sosial Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis 7 Fase Kesedihan Kubler. Jurnal Desain, 7(3), 207-222. http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i3.6335

Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Kota Bandung tahun 2019. (2019). Diperoleh melalui situs internet: http://data.bandung.go.id/dataset?tags=PMKS. Diunduh pada tanggal 8 Desember 2021.

Fajarwati, A., Sari, E. L. P., & Soewarno, N. G. P. (2017). Strategi Untuk Mengatasi Permasalahan Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE). Majalah Geografi Indonesia, 31(1), 22–30. http://doi.org/10.22146/mgi.24227

Hidayat, Dasrun, & Anisti. (2015). Wartawan Media Now dalam Mengemas Berita: Perspektif Situational Theory. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 2(5), 295-303.

Kasali, R. (2007). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. (2009). Undang-undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, 16 Januari 2009. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/38601/uu-no-11-tahun-2009.

Kementerian Sosial Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Sosial No. 8 Tahun 2012 tentang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, 29 Mei 2012. Retrieved from https://kemensos.go.id/peraturan-pmks.

Mochizuki, H. (2014, Januari). Rethinking BtoB Communications from the Perspective of Involvement. Dissertation, Japan BtoB Advertising Association. Retrieved from http://www.bbaa.or.jp/english/dissertation/rethinking/trustee.html

Muallimah, H. (2021). Kajian Penerapan Strategi Komunikasi AISAS Terhadap Perancangan Desain Komunikasi Visual. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 3(2), 1-10. http://doi.org/10.53580/files.v3i02.30

Prasanti, D. (2016). Perubahan Media Komunikasi dalam Pola Komunikasi Keluarga di Era Digital. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 69-81.

Putra, F. D., & Hajar, M. F. (2020). Segmenting, Targeting, Differentiation, dan Positioning pada Digital Campaign Instagram @sebarkankebersihan. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 311-320. http://doi.org/10.54082/jupin.160

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2010). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World's Most Innovative Advertising Agency. New York: McGraw-Hill. (pp. 51-85).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

We are social & Meltwater. (2020). Digital 2020: Indonesia. Datareportal.com. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Wirawan, F. A., Wisnu, & Hapsari, P. D. (2016). Analisis AISAS Model Terhadap Product Placement dalam Film Indonesia: Studi Kasus - Brand Kuliner di Film Ada Apa dengan Cinta 2. Jurnal Rekam, 12(2), 69-81. http://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1424




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v6i3.10638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Destika Putri Hasna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.