Pengaruh Teknik Styck Man Terhadap Kemampuan Menggambar Ilustrasi Kartun Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan (RETRACTION)
Tamara Sari
Abstract
Penelitian ini bwrtujuan untuk membuktikan apakaha ada pengaruh siginfikan dan seberapa besarkah pengaruh dari pengginaan styck man terhadap kemampuan menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas VIII SMP Negeri Padasidimpuan. Metode digunakan pada penelitian inimerupakan semu (quasi experimental reserach). Penelitian ini melibatkan kelompok kelas kontrol (menggambar menggunakan teknik konvensional) dan kelompok kelas elsperimental ( menggambar menggunakan teknik styck man).
Nadya, N., & Sugito, S. (2022). Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Menggambar Ilustrasi Kartun Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2155-2161.
Saragi, D., Osberth, S., dan Nelson, N. (2022). Metode Penelitian Kesenirupaan Dilengkapi Sistematika Proposal dan Contoh Proposal. Medan: FBS Unimed Press.
Sugito dan Harahap, S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Seni Rupa. Medan: Unimed Press.
Sugito, dkk (2020). Statistik Pendidikan Seni Rupa. Medan: Unimed Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sekretariat Pengelola: Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071