Analisis Peramalan Pendapatan Café XYZ Menggunakan Rantai Markov

Daffa Ahmad Elangga, Putri Priharyanti, Winindi Murobi Maulia

Abstract


Bisnis di bidang café semakin ramai membuat persaingan produk makanan dan minuman Café semakin ketat karena banyaknya saingan yang ada. Café XYZ adalah kedai kopi dengan sistem kemitraan yang mengadopsi konsep Fresh to Cup dan baru berdiri pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peramalan pendapatan pada café XYZ dengan harapan hasil dapat menjadi pertimbangan café XYZ memiliki sistem pendapatan yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah rantai Markov. rantai Markov adalah suatu teknik probabilitas yang menganalisis pergerakan probabilitas dari satu kondisi ke kondisi lainnya, rantai Markov adalah suatu teknik probabilitas yang menganalisis pergerakan probabilitas dari satu kondisi ke kondisi lainnya. Didapatkan dari pengolahan data rantai Markov matriks probabilitas transisi dan probabilitas pendapatan keadaan awal dengan state 1 = penjualan cafe ramai, state 2 = penjualan cafe normal, dan state 3 = penjualan cafe sepi sebagai berikut PApril = [0.3103 0.5517 0.1379]. Didapatkan juga hasil matriks perpindahan transisi, probabilitas pendapatan, dan prediksi pendapatan café XYZ dari bulan Mei sampai bulan Oktober. Didapatkan kesimpulan dari pengolahan rantai markov pendapatan café XYZ diprediksi akan mengalami pengingkatan dari bulan Mei sampai bulan Oktober.

References


Masuku, F. N., Langi, Y. A., & Mongi, C. (2018). Analisis Rantai Markov untuk memprediksi perpindahan konsumen maskapai penerbangan rute Manado-Jakarta. Jurnal Ilmiah Sains, 18(2), 75-79.

Az-zahra, K., Wiranatha, A. S., & Wrasiati, L. P. (2019). Analisis Pangsa Pasar Beberapa Merek Produk Minuman Susu Fermentasi dalam Kemasan dengan Metode Rantai Markov di Lingkungan Kampus Universitas Udayana. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri ISSN, 2503, 488X.

Stephano, A., Martha, S., & Rahmayuda, S. (2020). Sistem informasi peramalan tren pelanggan dengan menggunakan metode double exponential smoothing di Mess GM. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 8(1).

Sari, R. P., Surahman, A., & Nabila, A. A. R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perpindahan Merek Pelanggan Restoran Cepat Saji di Karawang Menggunakan Metode Markov Chains dan Game Theory. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 12(1).

Mas’ud, M. I., Safitri, A., & Abassyahil, A. (2017). Pendekatan rantai markov dalam pemilihan universitas di Pasuruan. JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 4(1).

Pramuditya, S. A., Marwati, R., & Puspita, E. (2014). Peramalan pangsa pasar kartu gsm dengan pendekatan rantai markov. Euclid, 1(2).

Sazali, A., Setiadji, B.H., dan Haryadi, B. (2019). Aplikasi model rantai Markov dalam pengelolaan jalan di kabupaten bangkan barat. Jurnal of Science and Technology, 12(2), 141 – 150.

Sasake, S. (2021). Peramalan Cuaca Menggunakan Metode Rantai Markov (Studi Kasus: Cuaca Harian Di Kota Ambon). Jurnal matematika, 11(1), 1- 9.

Masuku, F. N., Langi, Y. A. R., dan Mongi, C. (2018). Analisis rantai Markov untuk memprediksi perpindahan konsumen maskapai penerbangan rute manado – Jakarta. Jurnal Ilmiah Sains, 18(2), 75 -79.

Andriani, M. N., Firdaniza, dan Irianingsih, I. (2017). Reliabilitas Suatu Mesin Menggunakan Rantai Markov (Studi Kasus: Mesin Proofer Di Pabrik Roti Super Jam Banten). Jurnal matematika integratif, 13(1), 41 – 47.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v4i1.6837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.